Apa itu Metformin dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Jonathan

Apa itu Metformin dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Metformin, obat resep umum yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2, menjadi berita utama di seluruh dunia tetapi berita besarnya tidak ada hubungannya dengan diabetes. Beberapa ahli percaya bahwa metformin mungkin menjadi kunci untuk hidup lebih lama, meningkatkan potensi rentang hidup hingga 120 tahun yang luar biasa.

Meskipun kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, obat tersebut menarik perhatian Food and Drug Administration (FDA), yang menyetujui uji klinis pertama pada manusia disebut Penargetan Penuaan dengan Metformin, atau TAME untuk menguji penggunaan metformin pada orang yang sudah atau yang berisiko terkena kanker, penyakit jantung, atau gangguan kognitif. Tujuannya: untuk melihat apakah obat tersebut benar-benar dapat membantu menunda timbulnya penyakit tersebut dan meningkatkan umur panjang.

Apakah para ilmuwan benar-benar menemukan Air Mancur Muda? Kami berbicara dengan Keith Roach, MD, Associate Professor di Clinical Medicine di divisi kedokteran umum di Weill Cornell Medical College dan New York Presbyterian Hospital untuk memisahkan fakta dari fiksi.

Apa latar belakang metformin?

Dr. Roach: Metformin telah ada selama beberapa dekade dan merupakan salah satu obat yang paling banyak digunakan untuk diabetes. Dan meskipun sangat efektif untuk diabetes, selama 40 tahun terakhir, beberapa orang juga berpikir bahwa obat-obatan di kelas metformin disebut biguanida mungkin memiliki sifat anti-penuaan.

Apa yang ada di balik klaim anti-penuaan?

Dr Roach: Metformin menghambat protein yang disebut IGF1. Protein ini dikaitkan dengan banyak hal buruk yang terjadi di dalam tubuh. Dan ada cukup banyak bukti bahwa memberi hewan mulai dari cacing hingga tikus metformin dan obat-obatan sejenisnya, cenderung mengurangi beberapa perubahan dalam sel yang kita kaitkan dengan penuaan. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan tingkat umur panjang yang lebih besar.

Baca Juga:  Penyakit yang Membutuhkan Antibiotik

Metformin yang bekerja untuk tikus dan cacing adalah satu hal, tetapi apakah itu memiliki efek yang sama pada manusia?

Dr. Roach: Tidak jelas. Sejauh ini, satu-satunya hal yang telah terbukti pada manusia untuk mengurangi penyakit dan memperlambat penuaan adalah pembatasan kalori yang ekstrem. Salah satu hal yang Anda lihat dalam pembatasan kalori ekstrim adalah penurunan IGF1. Jadi, idenya adalah mungkin kita bisa memberikan obat ini, yang melakukan hal yang sama, dan mendapatkan manfaat yang terkait dengan pembatasan kalori yang ekstrem tanpa risiko kesehatan.

Tapi bagaimana dengan penderita diabetes yang tampaknya hidup lebih lama dengan metformin? Bisakah Anda menjelaskan itu?

Dr. Roach: Dalam penelitian jangka panjang yang telah dilakukan pada penderita diabetes, cukup jelas bahwa metformin bekerja lebih baik daripada insulin atau obat oral lainnya. Tetapi orang yang menggunakan metformin untuk diabetes mereka tidak hanya hidup selamanya hanya saja mereka dapat hidup lebih lama daripada jika mereka diberi insulin atau tidak mengonsumsi semuanya.

Apa pendapat Anda tentang metformin untuk umur panjang?

Dr. Roach: Saya sangat senang kami melakukan penelitian ini, dan saya tidak sabar untuk melihat hasilnya. Saya pikir ini brilian. Tapi saya skeptis. Uji klinis mencoba mereplikasi manfaat umur panjang yang terkait dengan pembatasan kalori ekstrem tetapi data pada manusia bahwa jenis pembatasan kalori ini menghasilkan umur yang lebih panjang tidak ada. Lihatlah seperti ini: ada orang yang tinggal di biara selama ribuan tahun yang mempraktikkan pembatasan kalori yang ekstrem, dan mereka tidak hidup sampai 120 tahun. Plus, jika Anda melihat orang-orang yang berhasil mencapai usia sangat tua, pembatasan kalori yang ekstrem bukanlah sesuatu yang kita lihat secara universal. Juga, ini bukan obat yang tidak berbahaya—bukan tanpa efek sampingnya. Misalnya, metformin dapat menyebabkan gejala diare serius 24/7 dan bahkan bisa berakibat fatal bagi mereka yang memiliki masalah ginjal.

Baca Juga:  Saat Gegar Otak Meningkat, Apakah Magnetic Resonance Imaging Cukup?

Jadi, apa pendapat Anda tentang semua hype?

Dr. Roach: Ini seharusnya menjadi waktu yang menyenangkan sebagai uji klinis, tetapi ini bukan izin untuk meminta resep metformin kepada dokter agar dapat hidup selamanya. Tidak ada yang harus menggunakan metformin, hanya untuk tujuan mencoba hidup lebih lama. Dan itu benar-benar poin yang saya bawa: Jika Anda ingin meningkatkan umur panjang dan mengurangi risiko penyakit kronis, cobalah tiga tip teratas ini: berolahraga secara teratur, makan dengan cerdas, dan kelola stres.

Rekomendasi

Bagikan:

Tags