Petualangan mencari harta karun

Suka nonton film berburu harta karun?
Atau kalian penikmat bacaan misteri?

Nah kali ini, Blogor sebagai salah satu media partner dalam acara “Treasure Hunt” yang digelar oleh komunitas pegiat alam Simpul Selatan mengajak teman-teman untuk menikmati serunya berburu harta karun dengan berbagai tantangannya. Acara berlangsung di Camping Ground Ciputri, saat akhir pekan Sabtu – Minggu, 20 – 21 April 2019. Sejak siang peserta sudah berdatangan, dari berbagai wilayah di Bogor dan sekitarnya bahkan ada yang datang dari Jakarta. Rela berhujan-hujan ria demi mengikuti camping seru ini.

Makin malam, peserta makin banyak. Total ada seratus peserta lebih yang terlibat dalam kegiatan ini. Sebagian

Peserta treasure hunt Simpul Selatan

besar adalah para pegiat alam, pendaki gunung dan komunitas-komunitas sejenis lainnya. Anak-anak, remaja dan beberapa orang dewasa berbaur menjadi satu. Tenda-tenda mulai didirikan. Langit yang mendung mempercepat proses pendirian tenda. Meski pecinta alam, ya kalau bisa jangan kehujanan juga kaleee. Saat tenda sudah berjajar rapi, tampak cantik sekali berwarna-warna menghiasi tanah datar dan lereng-lereng bukit.

Gemericik suara air terdengar dari camping ground. Ya, tak jauh dari lokasi kami memang melintas sungai yang cukup besar dan deras. Ada curug di sana, bernama Curug Goong. Airnya segar dan jernih. Sembari menunggu kedatangan peserta yang lain, kami menyempatkan diri susur sungai dan bermain air sore itu. Menyenangkan sekali. Acara dibuka malam hari oleh duo MC kece, Kharisma dan Egi. Ditandai dengan perkenalan dari Simpul Selatan sebagai penyelenggara acara, lalu ada Pendaki Bogor sebagai salah satu sponsor kegiatan dan dilengkapi dengan musik-musik ceria dengan iringan gitar dan akustik. Tak lupa api unggun siap menghangatkan jiwa-jiwa yang dingin. Ada juga penampilan dari stand up comedy yang turut memeriahkan suasana malam itu.

Semangat Berburu Harta Karun

Hari masih gelap ketika suara riuh mulai terdengar bersahutan. Menunaikan ibadah tentunya yang pertama dilakukan. Dilanjutkan dengan aktivitas rutin, MCK lalu olahraga pagi. Semua peserta berbaur jadi satu. Rupanya, saat malam makin banyak yang datang dan mendirikan tenda. Rame banget. Musik pinguin, Ge mu fa mi re (Maumere), hingga dangdutan menjadi pengiring senam pagi itu. Meriah dan sehat pastinya. Usai sarapan, kembali peserta berkumpul di lapangan. Kali ini dipandu oleh Kang Ovel yang bawel dan kocak abis. Suasana jadi makin cair dan hangat. Tak ada sekat. Diawali game yang seru dan menyatukan peserta, suasanana makin heboh dan menyenangkan.

Daaaaan… tibalah kita di acara inti. Treasure Hunt. Untuk kegiatan ini, peserta dibagi menjadi 8 kelompok dan dibekali peta sebagai petunjuk dalam berburu harta karun. Ada 4 kelompok di zona merah (sungai dan hutan) dan 4 kelompok di zona biru (sawah, camping ground dan perbukitan). Semua berpacu dengan waktu, menyelesaikan tantangan demi tantangan. Salut pada panitia. Benar-benar niat menyiapkan event ini. Harta karun berupa potongan puzzle disembunyikan di tempat-tempat yang sulit dijangkau dan kadangkala tak terduga. Di balik semak-semak, di tengah tumpukan sawah, dalam timbunan lumpur, di antara bebatuan dan lain-lain. Yang pasti semua membangun kekompakan tim, menjalin kebersamaan, melatih kesabaran dan ketelitian. Bravo! Semua tim adalah pemenang.

Jelang siang, satu persatu tim kembali ke tenda. Wajah lelah terlihat jelas tapi rasa puas juga tergambar kareana berhasil menyelesaikan tantangan. Selanjutnya adalah menuntaskan misi, menyusun potongan puzzle tadi menjadi sebuah peta . Dan kali ini, kembali sekat-sekat antar tim dihapuskan. Semua menjadi satu, bekerjasama menyatukan semua penemuan agar menjadi utuh.

Keren banget deh pokoknya.

Pesan persatuan dan kesatuan dapat banget. Tak ada perpecahan politik. Tak ada bias gender. Tak ada sekat latar belakang. Kita adalah sama.

Color Fun sebagai Perayaan Kemenangan

Sukses menyelesaikan misi saatnya bergembira. Bubuk holi aneka warna siap ditebar ke udara. Tak ada yang tak tertawa gembira. Semua bahagia. Merah, kuning, hijau, biru, orange, dan warna lainnya menyelimuti wajah hingga kaos seluruh peserta. Tenaaaang… holinya aman kok. Dibuat sendiri oleh panitia dari tepung terigu dan pewarna makanan alami. Dan sampailah kita di penghujung acara. Pengumuman pemenang dan pembagian door prize. Luar biasa, acara ini didukung oleh 17 toko outdoor di Bogor dan sekitarnya. Benar-benarbertabur hadiah. Dari kaos, souvenir hingga sepatu dan sandal gunung. Dari hammock hingga hadiah utama berupa tenda. Selalu deh bikin deg-degan setiap kali nomor-nomor peserta disebutkan. Ada juga hadiah istimewa yang diberikan kepada 5 orang peserta istimewa yaitu anak-anak yang mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dari awal hingga akhir.

Kamu pengen bergabung di keseruan yang sama? Tenaaaang, tahun depan bakalan ada lagi kok. Treasrure Hunt kali ini adalah yang kedua setelah tahun lalu diadakan di camping ground Sukamantri. Atau kalau tak sabar nunggu tahun depan, langsung aja gabung dengan Simpul Selatan, follow facebook dan Instagramnya (@simpulselatan) untuk mengetahui aneka kegiatan serunya.

Sampai ketemu di event selanjutnya
Salam lestari

Baca juga keseruan berburu harta karun di http://www.ngiringmelali.com/2019/04/22/treasure-hunt-bersama-simpul-selatan-cara-asyik-berburu-harta-karun/

Treasure Hunt, Berburu Harta Karun bersama Simpul Selatan
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *