Blogor.org – Minggu, 28 April 2019 Pemerintah Kota Bogor secara resmi meluncurkan aplikasi pelaporan atau berbagi saran bagi warganya. Dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan kita sebagai warga dapat dengan mudah memantau kinerja dari dinas-dinas yang ada di Kota Bogor. Dalam sambutannya Bima Arya meminta kepada seluruh dinas untuk tidak main-main. Karena bukan hanya beliau, tapi seluruh warga Kota Bogor akan tahu dinas mana yang merespons dengan cepat dan dinas mana yang tidur. Bagi dinas yang tidur beliau meminta kontrak kerja ditaati. kalau tidak siap, ya mundur. Berikan pada yang siap. Demikian sambutan Bima Arya dalam acara peluncuran aplikasi SiBadra di Botani Square pada minggu sore (28/4).

Nama SiBadra sendiri adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran. Saya sudah memasang aplikasi ini sejak tahun 2018 yang awalnya diberi nama “BISA”. Seharusnya sih di tahap awal sosialisasi aplikasi ini kepada tiap instansi terkait cukup dengan akses undangan atau terbatas. Bagi kita warga Kota Bogor akan memasang aplikasi ini ketika tahap final dan siap secara penuh di acara peluncurannya. Pada awal menggunakan saya banyak menemukan foto hanya berupa selfie dari mereka yang mengikuti sosialisasi penggunaan aplikasi SiBadra ini.

Bagi kita yang familiar dengan aplikasi pelaporan warga tentu mengharapkan yang terbaik, mendekati aplikasi qlue. Bagaimana dengan aplikasi SiBadra ini? Sebelum hadirnya aplikasi SiBadra, Pemerintah Kota Bogor telah menghadirkan platform pengaduan http://aspirasi.kotabogor.go.id yang juga menerima aduan dari warga Kota Bogor melalui jalur SMS di  08118500411 dengan format: Nama#Alamat#Pengaduan, email aspirasi@kotabogor.go.id atau cukup mention di Twitter http://twitter.com/aspirasi_bogor serta call center 1500411. Yang tidak memuaskan dari layanan ini adalah jawaban yang diberikan berupa template “Kami akan teruskan ke dinas/pihak terkait”. Selanjutnya kita tidak dapat memantau bagaimana perkembangan dari laporan yang pernah kita buat.

Saya telah menyiapkan langkah-langkah dari pelaporan via aplikasi SiBadra, sebelumnya unduh terlebih dahulu di Google PlayStore.

Di tahap ini kita diminta untuk memberikan data berupa email/no telepon/NIP dan kata sandi untuk masuk atau bisa klik logo Google jika ingin otomatis login. Di awal pendaftaran akan ada token yang dikirimkan ke nomor gawai yang kita daftarkan, berupa 6 angka untuk verifikasi di awal.

Setelah selesai login atau mendaftarkan diri, ini adalah tampilan utama dari aplikasi SiBadra yang terdiri dari 3 menu utama; Laporan, Berita dan Perbarui Profil. Dalam menu “laporan” akan dibagi ke dalam; Terbaru, Terdekat, Populer dan Profil Saya.

Dan berikut ini yang menjadi laporan perdana saya di aplikasi SiBadra:

 

*Update

Laporan dari saya mengenai 2 lampu pju yang padam telah ditanggulangi, untuk tim lapangan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman akan lebih cepat bertindak dan dapat langsung ditangani jika kita melaporkan via layanan call center dari mereka, saya sendiri sudah sering melaporkan via Whatsapp di wa.me/+6285885858587? 

lapor via aplikasi SiBadra hanya akan memperlambat koordinasi mereka di lapangan! Begitu yang saya alami ketika pertama kalinya lapor via aplikasi SiBadra. Mereka mengakui pelaporan dari aplikasi SiBadra ini berjenjang ke pusat terlebih dahulu (birokrasi ribet) sehingga penanganan tidak cepat ditanggulangi oleh tim yang bertugas di lapangan.

Berikut laporan dari tim yang bertugas di lapangan, yang dapat kita pantau melalui akun Twitter http://twitter.com/PJU_KotaBogor


 

Tampaknya untuk pelaporan warga seputar jalan R3 katulampa tidak serta merta dapat langsung dijawab oleh petugas atau dinas yang berwenang di aplikasi SiBadra ini. Bisa dilihat dari laporan berikut ini: https://sibadra.kotabogor.go.id/reports/900

Jadi, sudah siapkah kita mengadu melalui aplikasi SiBadra untuk lingkungan yang lebih baik?

Saya sudah memasang aplikasi SiBadra, Yuk unduh SiBadra!

Pemerintah Kota Bogor Meluncurkan Secara Resmi Aplikasi SiBadra
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *