Buat kalian yang sudah lama ngeblog, pasti sering mendengar nama MT atau Matahari Timoer. Yup, dia adalah pupuhu (baca: ketua) BLOGOR saat ini yang terpilih lewat demokrasi 2.0.

Kali ini, Saung Nyerat bersama kang WKF, echa dan kang alif berkesempatan ngobrol lebih banyak dengan beliau. Melihat sosoknya yang biasa dan sederhana, pasti gak banyak yang menyangka kalau dia adalah seorang yang punya segudang prestasi. Beda sekali kalau kita lihat seleblog yang sudah wara wiri menang kontes dan lainnya, sosok MT tetep bersahaja dengan stylenya.

Semenjak tahun 2003, MT sudah mulai belajar ngeblog dan aktif di dunia media online (kala itu internet masih belum terlalu membooming seperti sekarang). Tulisannya bisa kita baca di http://mataharitimoer.blogdetik.com. selain itu tulisan lainnya bisa kita baca di http://bloghantu.blogdetik.com , http://gurukehidupan.co.cc dan http://mt.bogor.us

Kang MT kerap menyampaikan pemikirannya dalam bentuk cerita sehingga ada sosok penokohan dalam blognya dengan peran yang berbeda-beda.

bahkan karena pemikiran dan tulisannya juga, dia juga sempat disangka yang tidak-tidak oleh pihak-pihak yang berkepentingan. tapi kang MT tetep tegar, beliau tetap menulis blognya untuk membuka pikiran banyak orang.

Buat blog mendorong MT untuk membuat E-Book, seperti Supertrainer dan tukang santet, Gimme Some Truth, Biarkan Baduy Bicara, Nyawa Kata, Cara Membuat Aggregator Blog dan Jejak Walisongo. Dan karyanya (secara tidak sengaja dilirik penerbit) yang sudah terbit adalah Jihad Telarang (2007), Guru Kehidupan (2010) dan ekspedisi walisongo (2011).

Membuat buku itu banyak caranya bisa self publisher atau lewat penerbit. Bedanya kalau self publisher kita harus membeli dari online publisher itu lalu menjualnya ke toko buku, jadi marketing langsung. kalau lewat penerbit ternama dari promosi hingga pemasaran, penerbit yang atur (tentunya setelah lolos dari editor). sekarang tinggal para pemilik blog/ tulisan itu memilihnya, begitu saran dari kang MT buat para penulis pemula yang ingin membuat buku.

kalau kita lihat, kang MT ini tetep eksis dengan jejaring sosial diinternet. seacrh aja di google matahari timoer, pasti resultnya banyak, ada FB, twitter, youtube, kompasiana, blogdetik, dll. jadi gampang kan mengontak kang MT ini.

Jadi jangan takut membukukan blogmu. Dan blog juga bisa menjadi salah satu mata pencaharian loh. deh coba tanya kang MT apa pekerjaan beliau, maka dengan mantap dia akan berkata “Saya seorang Blogger”. So, apa diantara kita ada yang siap mengikuti jejaknya?

Saung Nyerat 6 Maret 2011: Siapa yang Tidak Kenal MT?

9 thoughts on “Saung Nyerat 6 Maret 2011: Siapa yang Tidak Kenal MT?

  • 8 March, 2011 at 10:45 pm
    Permalink

    Mesti sering2 ketemu ni dg kang MT, biar banyak kecipratan ilmunya. 😉

    Reply
  • 8 March, 2011 at 11:16 pm
    Permalink

    yg membedakan kita cuma personalitas aja koq. sebutan kita tetap satu: blogger!

    Reply
  • 9 March, 2011 at 7:45 am
    Permalink

    Judulnya kontroversial 😀

    Reply
    • 9 March, 2011 at 1:40 pm
      Permalink

      dan membangkitkan rasa penasaran

      Reply
  • 9 March, 2011 at 7:52 am
    Permalink

    Wah, untung saya kenal MT. Moga jauh lebih kenal lagi ke depan. Termasuk dengan bayi imutnya itu 😀

    Reply
  • 9 March, 2011 at 6:55 pm
    Permalink

    @d miftah sapa dulu donk yg posting *benerin baju

    Reply
  • 22 March, 2011 at 11:36 am
    Permalink

    mau kenal lebih deket dong sama kang MT, sama anggota blogor lainnya juga 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *