Saung Nyerat merupakan ajang berbagi ilmu, tips, informasi dan cerita seputar dunia menulis yang disiarkan setiap Minggu sore pukul 16.00-17.00 WIB di Radio Sipatahunan, 89.4 FM. Saung Nyerat edisi 20 Maret 2011 kali ini dipandu oleh Suria Riza, mendatangkan narasumber dari kaum blogger muda intelektual, Komunitas Blogger Institut Pertanian Bogor dengan tiga bloggernya, Abdul Aziz Nurussadad, Miftah Abdillah Achmad, dan Yusuf Fikri Ramdhani.

Menurut penuturan Aziz, Komunitas Blogger IPB awalnya adalah komunitas tidak resmi. Baru kemudian sekitar tahun 2005/2007 dinyatakan resmi berdiri. Tidak adanya tanggal yang pasti ini disebabkan saat komunitas ini berdiri, Aziz belum resmi diterima sebagai mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Pendirinya sendiri adalah Luthfi Assadad dan Bagus Sugiarto.

Komunitas Blogger IPB adalah komunitas mandiri, tidak ada hubungan resmi dengan institusi IPB nya sendiri. Sebagai komunitas mandiri, komunitas ini mengandalkan dana swadaya dari anggotanya. Dalam hal ini, Komunitas Blogger IPB juga tidak terlibat dengan pengembangan blog student/staff yang dikembangkan oleh IPB, yang telah banyak digunakan oleh dosen dan mahasiswa sebagai media pemberian dan pengajuan tugas.

Saat ditanya syarat menjadi menjadi anggota Komunitas Blogger IPB, dijelaskan bahwa Komunitas Blogger IPB hanya merekrut warga IPB, dalam hal ini mahasiswa, dosen, staff,  dan lainnya. Kemudian, karena ini adalah komunitas blogger, maka diwajibkan anggota memiliki blog, sedangkan platform blog nya sendiri tidak ada batasan. Di bawah bimbingan Bapak Sjafri Mangkuprawira, komunitas ini masih memiliki lebih banyak anggota dari pihak mahasiswa.

Saat ini, tercatat Komunitas Blogger IPB sudah mencapai 3 generasi. Generasi pertama adalah generasi di mana Komunitas Blogger IPB ini dibentuk, yang tercatat diantaranya dan Luthfi Assadad. Sedangkan generasi kedua ada Afif Nurwilianto, Auzi Asfarian, Abdul Aziz Nurussadad, dan Irvan Setya Adji. Setelah beberapa saat vakum, kemudian generasi ketiga bangkit dengan Abdul Haris dan Miftah Abdillah Achmad. Saat ini, total anggota yang aktif berkisar 100 orang.

Menyinggung acara Pemecahan Rekor 1000 Postingan, yang juga sempat mengundang Komunitas Blogger Bogor, Komunitas BloggerIPB meminta maaf karena acara tidak berjalan sesuai dengan rencana, terkait dengan kendala teknis.

Sebagai penutup, ketiga narasumber berpesan, tulis apa yang anda ingin tulis. Semakin banyak anda menulis maka akan semakin berkualitas tulisan anda. Tuliskan ide anda bila anda tidak bisa mempublishnya saat itu juga karena ide dapat hilang kapan saja. Dan buatlah jadwal karena dengan adanya jadwal maka anda akan tergerak untuk senantiasa mentaatinya.

Bagi pembaca yang memerlukan informasi terkait dengan Institut Pertanian Bogor, selain anda dapat menghubungi IPB secara resmi, anda juga dapat menghubungi Komunitas Blogger IPB untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Semakin bertambah episode Saung Nyerat, semakin menarik dan berkualitas narasumber yang didatangkan bagi para pendengar Saung Nyerat di Radio Sipatahunan 89.4 FM setiap Minggu pukul 16.00-17.00 WIB. Penasaran? Ikuti terus Saung Nyerat setiap minggunya. 🙂

Saung Nyerat 20/03/2011: Komunitas Blogger IPB

4 thoughts on “Saung Nyerat 20/03/2011: Komunitas Blogger IPB

  • 27 March, 2011 at 5:56 pm
    Permalink

    @phenyukerooo: poto2nya lagi dikerjain ama tukangnya 😉

    Reply
  • 5 April, 2011 at 1:58 am
    Permalink

    heeeeeeeeeeeeeeeeee………………………pan plg cantik diantara laki2 itu 😛

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *