Saung Nyerat (SN) yang secara reguler digelar oleh Blogor di radio lokal Bogor Sipatahunan 89,4 FM setiap hari Minggu pukul 16.00 s/d 17.00 WIB merupakan ajang berbagi ilmu, tips dan cerita yang terkait dengan dunia menulis. Pada edisi 17 April 2011 ini, Saung Nyerat dengan Host Unggul Sagena dan Co-Host Miftah Abdillah Achmad, menghadirkan nara sumber dari Kelompok Pengguna Linux Indonesia – Bogor [KPLI-Bogor], dengan narasumber Ahmad Fauzi yang merupakan Presiden dari KPLI-Bogor sendiri.

Operating system adalah software basic yang harus ada di setiap komputer, bila tidak, maka sebuah komputer hanya akan menampilan layar hitam, atau dengan kata lain tidak bisa digunakan. Operating System yang banyak dikenal dipasaran adalah Windows.

Dijelaskan oleh beliau, Linux adalah operating system, seperti Windows, namun dengan source code (kode penyusun) yang bisa dibongkar. Dengan kemampuan tersebut, source code nya dapat dipelajari kemudian kemudian dikembangkan oleh banyak kalangan, sehingga kemudian lahir banyak distribusi Linux (distro) yang dapat digunakan, diantaranya Ubuntu dan BlankOn. BlankOn sendiri adalah distro racikan pengembang dari Indonesia. Nama BlankOn tidak merujuk pada penutup kepala tradisional khas Jawa, namun lebih ditujukan ke istilah Inggris, Blank dan On, dengan maksud yang tadinya kosong (Blank) jadi dapat digunakan (On).

Diterangkan pula Linux lebih unggul daripada Windows, diantaranya karena Linux memiliki kemampuan tidak akan terserang virus windows dan memiliki efek-efek yang canggih. Harganya pun sangat murah, bahkan kebanyakan gratis, namun dikenakan biaya bila anda membutuhkan support dari developer terkait. Kelebihan lainnya, hanya dengan 1 CD, anda sudah dapat menikmati Linux lengkap dengan semua program di dalamnya, jadi tepat setelah instalasi, anda sudah dapat langsung memutar film, lagu, bahkan langsung mengakses internet, bila terhubung dengan internet.

Pemerintah sendiri telah mencanangkan penggunaan software open source (termasuk di dalamnya Linux) lewat program IGOS (Indonesia Go Opes Source) sekaligus MoU dengan Microsoft, dengan memberikan pilihan untuk menggunakan software legal atau software open sorce.

Meski kurang banyak dikenal dimasyarakat dikarenakan promosi yang kurang, perkembangan Linux ternyata semakin menunjukkan pertambahan pengguna yang positif. Pekembangan ini sebagian besar ditopang oleh keaktifan komunitasnya, salah satunya adalah KPLI-Bogor dengan total member tercatat 700an ini. Kegiatan rutin yang dilaksanakan KPLI-Bogor adalah oprek Linux atau aplikasinya setiap bulan, berbagi info via milis, dan chatting via Irc. Event akbar yang pernah dilaksanakannya adalah ILC (Indonesian Linux Conference) yang dilaksanakan selama 3 hari. KPLI-Bogor juga aktif menjalin kerjasama dengan KSL (Ekskul Pengguna Linux) di sekolah. Kedepannya, KPLI-Bogor ingin makin banyak pengguna windows yang bermigrasi menggunakan Linux. Dan komunitas ini sangat welcome bagi anda yang ingin bertanya maupun membutuhkan bimbingan terkait Linux.

Sebagai penutup, Presiden KPLI-Bogor menyarankan bagi anda yang akan memulai menggunakan Linux, agar mencari teman yang telah menggunakan Linux terlebih dahulu, agar dapat berkonsultasi bila ada kesulitan. Ini disebabkan penggunaan Linux agak sedikit berbeda daripada penggunaan Windows.

Bila anda adalah pengguna Linux dan ingin bergabung di KPLI-Bogor, mudah saja. Hanya dengan persyaratan ada niat, kemauan, punya email, dan menggunakan Linux distro apapun, anda sudah dapat mendaftarkan diri anda di bogor.linux.or.id atau langsung join milis nya di groups.google.com/group/kpli-bogor. Atau langsung hubungi sekretariatnya di Yayasan Ummul Quro Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar No. 1 atau di Rumah Btech (Arif Syamsudin) Perumahan Taman Cimanggu Jl. Tanjung VIII Blok O-6 No.14, Bogor. Tidak ada batasan usia, juga tidak ada batasan wilayah, bahkan bila anda berada di luar Bogor sekalipun, komunitas ini tetap welcome menerima anda.

Saung Nyerat 17/04/2011 : KPLI-Bogor

6 thoughts on “Saung Nyerat 17/04/2011 : KPLI-Bogor

  • 18 April, 2011 at 2:00 pm
    Permalink

    aplikasinya harus banyak dikembangkan. suka atau tidak suka, masyarakat Indonesia sudah teracuni Ms. Windows. Jadi, fitur aplikasinya pun, sebaiknya sama dengan fitur aplikasi yang ada di Windows. Ms. Office terutama.

    Reply
  • 20 April, 2011 at 10:45 pm
    Permalink

    Ms Office padanannya, Libre Office atau OpenOffice setau saya relatif sama .. bahkan ada fitur unggulan seperti one-click to pdf 🙂

    Reply
  • 20 April, 2011 at 11:09 pm
    Permalink

    sori sore itu nggak bisa datang karena teler. btw, mana ni putunya? 😉

    Reply
  • 30 April, 2011 at 7:15 pm
    Permalink

    Open Source ga ada duanya, bahkan better than windows.. 😀
    Go Open Source

    Reply
  • 30 April, 2011 at 7:28 pm
    Permalink

    Linux ga ada duana, Windows ge kalah..
    Go open Source..

    Reply
  • 6 May, 2011 at 11:03 am
    Permalink

    yuhuuuu waktu itu saya mampir #ga nyambung

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *