Saung Nyerat (SN) yang secara reguler digelar oleh Blogor di radio lokal Bogor Sipatahunan 89,4 FM setiap hari Minggu pukul 16.00 s/d 17.00 WIB merupakan ajang berbagi ilmu, tips dan cerita yang terkait dengan dunia menulis. SN edisi 10 April 2011  menghadirkan nara sumber dari Cinta Baca. Sebagai bintang tamu adalah Bapak Ir. Arisson Leonard Hasibuan dan Ibu Dian Kusumawati sebagai Manajer Cinta Baca Regional Jawa Barat dan Banten. Cinta Baca Bogor beralamat di Jl. Raya Bogor Baru Blok A2 No.17.

Cinta Baca merupakan komunitas  nirlaba yang perhatian terhadap pemberdayaan masyarakat melalui dunia literasi. Visinya adalah menjadikan masyarakat cerdas dan berbudi luhur. Menjadi sebuah tantangan bagi Cinta Baca untuk menjadikan masyarakat mempunyai minat baca, tidak hanya berorientasi ‘koleksi’ buku tetapi juga membaca buku.

Cinta Baca sudah berkembang dan mengedukasi masyarakat sampai ke 10 propinsi di Indonesia. Dengan mengembangkan potensi yang ada di masyarakat dan membuat masyarakat berfikir bahwa membaca buku itu penting dan banyak manfaat yang bisa diambil dari buku, bahkan bisa  ‘mempraktekan’ buku.  Salah satu tujuannya  adalah bagaimana menarik orang untuk datang ke perpustakaan dan senang dengan membaca buku.  Yang selama ini mempunyai kesan kalau perpustakaan itu koleksi bukunya ‘jadul’ dan suasananya kurang asyik, sudah tidak lagi.

Banyak program yang dilakukan oleh Cinta Baca yang bertujuan supaya masyarakat Indonesia senang membaca. Harapannya adalah membaca ini menjadi sebuah gerakan yang menjadi perhatian di masyarakat; budaya membaca bisa terbentuk dari lingkungan keluarga, ada alokasi anggaran keluarga untuk membeli buku untuk bacaan. Bagi masyarakat yang belum bisa membeli buku sendiri bisa dengan difasilitasi perpustakaan yang dikelola oleh lingkungan masyarakat sendiri. Dari pengalaman Cinta Baca selama ini ternyata banyak masyarakat/lembaga pendidikan yang bersedia menyumbangkan buku untuk dikelola perpustakaan.

Biaya operasional Cinta Baca tidak hanya dari donatur, tetapi ada program yang dijalankan yang mendukung/mensubsidi program lain. Misalnya program pelatihan/workshop yang kemudian pesertanya ditawarkan untuk membuka pos baca di daerah-daerah. Contoh lainnya di depan  Cinta Baca Bogor sedang dibangun kafe untuk menarik pengunjung. Diharapkan nantinya selain menikmati kopi mereka juga tertarik membaca,  dan keuntungan dari penjualan sebagian untuk biaya operasional Cinta Baca.

Bagi yang ingin menjadi sukarelawan juga bisa langsung datang ke Cinta Baca untuk mengisi formulir, dan harinya bisa disesuaikan.  Keahlian sukarelawan akan disesuaikan dengan program yang ada di Cinta Baca. Disediakan juga pelatihan story telling atau mendongeng pada hari jum’at.

Host : Wong Kam Fung (WKF)

Co-host : Fajar Suyamto (masfajar)

Catatan:
Pendengar yang beruntung mendapatkan hadiah buku dari Cinta Baca adalah Ibu Lise dari Sukamulya. Silahkan hadiah diambil di Radio Sipatahunan  Jl. Padjajaran Bogor.

Saung Nyerat 10/04/2011: Cinta Baca

3 thoughts on “Saung Nyerat 10/04/2011: Cinta Baca

  • 16 April, 2011 at 3:15 pm
    Permalink

    Tumben foto nya gelap kang. Mati lampu? #eaaa

    Reply
    • 20 April, 2011 at 11:08 pm
      Permalink

      blitz kameranya yg mati kayaknya 😉

      Reply
  • 23 April, 2011 at 12:33 pm
    Permalink

    Akang2 semuanya…. hayang gabung yeeh

    salam kenal yaa dari saya … acenk :))

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *