Saung Nyerat yang secara reguler digelar oleh Blogor di radio lokal Bogor Sipatahunan89,4 FM setiap hari Minggu pukul 16.00 s/d 17.00 WIB kali ini mengulas tema tentang SDM 2.0, dengan bintang tamu yang sudah sangat berpengalaman dalam  bidang manajemen sumber daya manusia (MSDN) yaitu Prof.  Tb Sjafrie Mangkuprawira. Saat ini beliau aktif sebagai Guru Besar Tidak Tetap Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB. Tentang Pak Sjafrie lebih lengkap silahkan baca profil beliau di blognya.

Perbincangan diawali dengan membahas tentang potensi SDM di Indonesia. Menurut Pak Sjafrie, keterbatasan Indonesia bukan hanya pada bidang Sumber Daya Alam, melainkan Sumber Daya manusi (SDM). Pada tahun 2009, berdasarkan survey yang dilakukan UNDP, Human Development Index Indonesia tercatat berada pada  urutan 112 dari 127 negara yang disurvey. Artinya, Indonesia memiliki level pendidikan, kesehatan, dan paham aksara yang rendah. Pada tingkat penguasaan teknologi dan daya saing SDM, Indonesia juga termasuk negara dengan peringkat rendah di kawasan ASEAN. Fakta-fakta ini yang membuat Pak Sjafrie semakin tertarik menekuni bidang SDM.

Dinamika permasalahan SDM dalam lingkup pekerjaan pun tidak terlepas dibahas. Hubungan berorganisasi yang bagus akan berjalan baik jika didukung dengan komunikasi yang baik serta saling memahami dan mengerti posisi masing-masing. Hubungan yang baik harus dijaga antar atasn dan bawahannya, baik dari segi formal maupun informal, sehingga pesan-pesan akan tersampaikan dengan baik.

“Syiarkanlah kebajikan walau cuma satu kata, semata-mata karena mengharap ridha Allah” , itulah tagline blog Pak Sjafrie (ronawajah.wordpress.com). Tagline yang selalu menuntutnya agar senantiasa berbagi ilmu kepada yang lain. Anda akan menemui tulisan-tulisan inspiratif (khususnya dalam bidang manajemen SDM) dalam blog yang sangat produktif ini.

Sebelum acara berakhir, tak lupa Pak Sjafrie membagi tips singkat agar para blogger dapat selalu produktif mencipta tulisan, tipsnya cukup sederhana; tumbuhkanlah rasa malu terhadap diri sendiri jika terlalu lama tidak berbagi pengetahuan kepada yang lain. Ingin mengenal lebih jauh Pak Sjafrie sila kunjungi blog atau facebook-nya.

Sekian, sampai jumpa di reportase Saung Nyerat selanjutnya…

Host : Defidi
Co-host : AsepSaiba

Saung Nyerat (03/04): SDM 2.0
Tagged on:                     

7 thoughts on “Saung Nyerat (03/04): SDM 2.0

  • 6 April, 2011 at 11:11 am
    Permalink

    Selalu terkagum-kagum bila yang berbicara itu memang pakarnya. Kebetulan mengikuti acara SN tersebut sampai selesai.

    Kang Asep, mantab reportasenya. 😉

    Reply
  • 6 April, 2011 at 11:52 am
    Permalink

    Weeeww edisi SN yg laporaNnya serius

    :Dº°?º??i?i?iº°??°º?º:p

    Hidup SN

    Reply
    • 16 April, 2011 at 3:17 pm
      Permalink

      Laporannya serius ato narasumber nya serius mba? 😀

      Reply
  • 6 April, 2011 at 10:00 pm
    Permalink

    makasih kang asep, kita sampe kekurangan waktu ya…terima kasih pak Sjafrie untuk waktunya, makasih kang asep untuk waktunya. sukses untuk kita semua

    Reply
  • 6 April, 2011 at 11:41 pm
    Permalink

    andai direkam 🙁 saat itu saya sedang keluar masuk kamar mandi 😀
    gimana untuk selanjutnya saung nyerat direkam aja? jadi kita bisa share di blogor dalam format audio?

    Reply
  • 7 April, 2011 at 5:15 am
    Permalink

    …saya menikmatinya…pertanyaan2 bermutu dan rileks membuat saya ringan-ringan saja menjawabnya…sambil sekali-sekali tertawa bareng nan renyah…teringat ketika 42 tahun lalu saya,(sebagai “presiden” dan pendiri Dewan Eksekutif Ikatan Mahasiswa Pertanian Indonesia)… pertama kali diwawancara di TV-RI oleh willy karamoy (alm)…btw setuju direkam sesuai usulan bung MT…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *