Sabtu kedua di Tahun 2011 adalah siaran Saung Nyerat yang paling ramai dan meriah. Kali ini di Studio Sipatahunan 89.4 FM, Blogor kedatangan 4 narasumber sekaligus. Ditambah dengan 2 penyiar, Kang MT dan Bunda Desi, maka di ruang siar ada 6 orang yang berbincang seputar dunia membaca dan menulis.

Yoszua, Geri, MT & Ishmah, Eyang, Desi, Yudhi | foto from eyang anjari

Eyang Anjari dan Yoszua kembali hadir ke studio karena perbincangan pekan sebelumnya belum terasa tuntas. Khususnya tentang acara Blogger Community Sharing yang mereka gelar pada 23 Januari 2011 di Gandaria City. Kedua blogger aktif dari dblogger (blogdetik) itu menjelaskan lebih rinci mulai dari waktu, rute menuju lokasi, blogstar yang hadir, pagelaran musik, hingga misi utama penyelenggaraan tersebut yaitu terjadinya komunikasi dan kerja sama antar sesama komunitas blogger/onliners.

Mewakili Komunitas Blogger Lampung (Seruit) dan Komunitas Blogger Sukabumi, ada kang Geri Sugiran. Blogger yang juga seorang biker ini menceritakan pengalamannya membangun komunitas blogger, mulai dari Lampung hingga Sukabumi. Ia adalah blogger tipe penggerak. Dimana ia berdomisili, disitulah ia menggerakan banyak orang untuk ngeblog. Cerita lain yang juga menarik dari Kang Geri adalah gerakannya untuk mempromosikan salah satu obyek wisata di ujung Selatan Sukabumi : Ujung Genteng. Kawasan pantai yang masih asli itu amat menarik berbagai wisatawan asing, namun mirisnya, tidak dikenal oleh banyak orang Indonesia sendiri. Menanggapi cerita mas Geri, eyang Anjari mengajak agar menyelenggarakan kegiatan BlogCamp, camping para blogger. Kegiatan ini akan lebih mantap jika diselenggarakan secara bersama antara komunitas blogger Bogor (Blogor), Lampung (Seruit), Sukabumi, dan juga dblogger (blogdetik).

Di luar dugaan, hadir juga tamu blogor yang rendah hati. Ialah Mas Yudhi Aprianto. Kang MT dan Eyang Anjari memperkenalkan sosok mas Yudhi sebagai guru mereka dalam menulis. Wajar, karena mas Yudhi adalah pembangun situs cerita terbesar di Indonesia : sarikata.com. Kehadiran mas Yudhi ternyata menguak rahasia kepenulisan kang MT, yang ternyata mulai belajar menulis di sarikata.com yang lahir pada 26 April 2002. Dari situs itulah kang MT menemukan passion sebagai blogger/penulis.

Perbincangan 6 blogger di ruang bincang itu menjadi makin asyik dan mengalir, karena mereka bercengkrama sambil menikmati sajian kue dan kopi lampung yang dibuat oleh Desi Hartanto. Blogger yang populer karena spesialisasinya di bidang kuliner ini kerap membawa makanan untuk dinikmati bersama.

Yang membuat studio ramai ternyata bukan hanya kehadiran narasumber, tetapi ditambah dengan 11 orang barudak blogor yang menikmati live siaran sambil kopdaran di ruang tamu studio radio Sipatahunan. Kehadiran mereka menambah semarak hati para nara sumber, karena setelah usai siaran, mereka diajak lesehan untuk menikmati Talas Blogor. Dialog segar dan inspiratif membuat acara Talas Blogor (sebutan untuk kopdar blogor) menjadi lebih berisi.

Reportase : Saung Nyerat Edisi 8/1/2011
Tagged on:

8 thoughts on “Reportase : Saung Nyerat Edisi 8/1/2011

  • 11 January, 2011 at 12:57 pm
    Permalink

    setelah BCS, dipikirkan BLOGCAMP nya hehehe… nunggu konsepnya blogger sukabumi..

    Reply
    • 11 January, 2011 at 11:44 pm
      Permalink

      foto di siapa ya? bu desi atau alif kayaknya 😀

      Reply
  • 11 January, 2011 at 1:24 pm
    Permalink

    @anum, siap mas doakan kami segera bergerak! 😀

    buat kang MT haturnuhun makasih banyak atas undangan sehingga bisa presentasi cikal bakal blogger sukabumi dan sosialisasi UGtourism plus kegiatan blogger di Lampung.

    ditunggu fotonya juga ^_6 see u at gandaria ya kang

    Reply
  • 12 January, 2011 at 6:56 am
    Permalink

    Seharusnya kalo acara Blogor ya di Bogor jangan di Jakarta, jadi gampang aksesnya.Thanks atas infonya.

    Reply
  • 12 January, 2011 at 3:28 pm
    Permalink

    akhirnya bisa kopdar dengan om MT dan eyang Anjari juga … 😉

    btw. makasih buat om MT dan bunda Desi berikut team Radio Sipatahunan FM atas kesempatan yg diberikan. kalo ada event2 lagi, jgn lupa undang2 ya … 😉

    Reply
  • 13 January, 2011 at 10:06 am
    Permalink

    kalo spesies yg sama ketemu, pasti rame dan perbincangan jadi menarik

    Reply
  • 24 January, 2011 at 2:13 pm
    Permalink

    wah saya juga mau ikutan siaran nih wkwkw

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *