Saung Nyerat merupakan ajang berbagi ilmu, tips, dan cerita seputar dunia menulis yang disiarkan setiap Minggu sore pukul 16.00-17.00 WIB di Radio Sipatahunan, 89.4 FM. Saung Nyerat edisi 6 Februari 2011 kemarin membahas topik tentang menumbuhkan minat baca. Sebagai narasumber adalah Bapak Ir. Arisson Leonard Hasibuan dan mbak Mawar dari Yayasan Cinta Baca. WKF sebagai host dan Gioveny (phenyukerooo) sebagai co-host, ditemani oleh dua Blogorian yaitu Utami dan Ima Alkatiri (Red Angel).

Cinta Baca adalah sebuah yayasan yang fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui aksara. Yayasan itu berdiri dan resmi terdaftar di PP Indonesia pada tahun 2001.

Program dari Cinta Baca antara lain:

1.      Cinta Baca Goes to School

Untuk mendorong siswa gemar membaca dan mengunjungi perpustakaan, Cinta Baca membawa perpustakaan ke sekolah.

2.      Story Telling setiap Jumat pukul 15.00-16.00 WIB

Anak-anak berkumpul di perpustakaan untuk mendengar cerita yang berbeda yang dibacakan kepada mereka setiap minggu atau bulan. Sering kali cerita mencakup beberapa kegiatan menggambar dan menulis.

3.      Program Keluarga Membaca

Keberhasilan seorang anak di sekolah dan kehidupan sangat tergantung pada keluarga dan kehidupan rumah. Program ini memberdayakan orang tua melalui beberapa keterampilan dasar dan kebiasaan keluarga yang akan membantu anak-anak terbiasa membaca.

4.      Cinta Baca English Club (CBEC) setiap Jumat pukul 16.00-18.00 WIB

Club ini terdiri dari sebagian besar anak muda yang memiliki keinginan untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Club ini mengadakan pertemuan bulanan, mengadakan workshop, gathering, Speak-English Day, melakukan beberapa jenis kegiatan di luar, dll.

5.      Nonton Bareng Film Edukasi setiap Rabu pukul 15.00-16.00 WIB

Program ini menyajikan film edukasi yang mendidik untuk dipelajari bersama. Selain itu juga ada sesi tanya jawab seputar film yang ditayangkan dan menampilkan buku dari film tersebut.

Beberapa program yang direncanakan akan segera berlangsung di antaranya Korean Club oleh penutur asli dari Korea dan Klub Futsal yang langsung ditangani pelatih asal Brasil. Program Cinta Baca lainnya ialah tawaran menjadi sukarelawan atau volunteer yang terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Caranya tinggal datang ke Cinta Baca kemudian mengisi formulir yang telah disediakan.

Yayasan Cinta Baca membuka perpustakaan kota dengan koleksi buku sebanyak 16.000 judul buku, taman bacaan dengan 3.000 judul buku, dan pos baca 200 s/d 500 judul buku. Buku yang diperoleh Yayasan Cinta Baca 80% merupakan hasil swadaya, selebihnya sumbangan dari pihak-pihak yang peduli dengan peningkatan minat baca di masyarakat. Buku untuk anak-anak 70 % dan untuk dewasa 30 %. Yayasan Cinta Baca terletak di Jl. Raya Bogor Baru, A2/17, Bogor, Jawa Barat 16152, termasuk di dalamnya perpustakaan kota, dua kamar tamu, tempat berinternet dan ruang baca. Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang Yayasan Cinta Baca dengan menghubungi 0878 7032 1690 atau melalu situs di internet yang beralamat di http://www.cintabaca.com/

Saung Nyerat edisi selanjutnya akan mengundang Komunitas Goodread dengan topik Keliling Dunia dengan Membaca. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak Saung Nyerat minggu depan, pukul 16.00-17.00 WIB, 13 Februari 2011 hanya di Radio Sipatahunan 89.4 FM.

Bagi anda yang ingin menikmati Saung Nyerat tetapi berada di luar Bogor, bahkan di luar negeri sekalipun, tidak perlu khawatir. Sekarang Saung Nyerat bisa dinikmati langsung dari tempat duduk anda, bukan hanya suara tetapi juga video, dengan mengakses http://bogor.net/radiosipatahunan/radio-popup.html. Teknologi memang memudahkan dan menyenangkan.

SAUNG NYERAT, DUNIANYA MENULIS.

Naskah disiapkan oleh Phenyukerooo, foto oleh WKF.

Reportase: Saung Nyerat Edisi 6/2/2011

2 thoughts on “Reportase: Saung Nyerat Edisi 6/2/2011

  • 7 February, 2011 at 10:08 pm
    Permalink

    Di kamera saya Phenyukerooo tidak ada yang menghadap ke kamera. Adanya di kamera pak Arisson, termasuk yang berdiri bareng-bareng.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *