Saung Nyerat tanggal 27 Maret 2011 dipandu oleh Falla sebagai host dan WKF sebagai co-host, dengan narasumber Ilham Imamul Muttaqin (Ketua Umum) dan Afrizal L. Adinur (Sekjen) dari Bogor Speedcubing Club (BCS). Berikut reportasenya.

Bogor Speedcubing Club (BSC) adalah wadah bagi para penggemar Rubik’s Cube pada khususnya dan puzzle-puzzle lain pada umumnya yang berdomisili di wilayah Bogor dan sekitarnya. BSC merupakan bagian dari Nusantara Speedcubing Association (NSA) khusus regional Bogor.

Klub ini sifatnya terbuka. Bagi siapapun yang ingin bergabung silakan datang di tempat gathering, di Agripark Taman Kencana pada hari Minggu pukul 12.00 – selesai, setiap dua minggu sekali.

Permainan rubik tidak pandang bulu, siapapun bisa memainkannya: anak-anak, dewasa, laki-laki maupun perempuan.  Yang diperlukan hanya latihan dan latihan. Namun, dari semua segmen itu, anak-anak akan lebih cepat menguasai permainan ini karena naluri mereka yang gemar bermain. Permainan ini sangat positif. Selain mengasah kemampuan konsentrasi juga melatih memorisasi.

Falla - Imamul - Afrizal

Rubik’s cube atau kotak rubik ini banyak macamnya, dari yang berdimensi 2x2x2 sampai 11x11x11. Selain bentuk kotak, permainan ini juga hadir dalam bentuk piramid atau yang disebut dengan pyraminx. Dari semua dimensi itu, 3x3x3 adalah jenis rubik yang sering menjadi pertandingan inti (main event) di setiap turnamen.

Latihan bareng saat gathering di Agripark Taman Kencana.

Kotak rubik dapat dimainkan dengan berbagai cara. Dari cara yang lazim hingga cara yang hanya dikuasai oleh sedikit orang. Dari cara memainkan dengan dua tangan, satu tangan, mata tertutup, sampai dengan memainkannya dengan kaki. Permainan dengan mata tertutup juga dilakukan untuk lebih dari satu kotak rubik, atau yang biasa disebut dengan multiple blindfolded.

Suasana gathering di Agripark Taman Kencana.

Acara Saung Nyerat kali ini juga diwarnai dengan demo memainkan kotak rubik oleh Afrizal L. Adinur, yang berhasil menyelesaikan kotak rubik dimensi 3x3x3 dalam jangka waktu 15 detik.

Nah, bagi yang ingin bergabung dengan BSC silakan join grup ini di facebook dengan akun Bogor Speedcubing Club.

Demikian laporan kami, langsung dari TKP Saung Nyerat.

Hatur nuhun.

Naskah reportase disiapkan oleh Utami Utar, foto oleh WKF.

Reportase Saung Nyerat Edisi 27/3/2011: Bogor Speedcubing Club

3 thoughts on “Reportase Saung Nyerat Edisi 27/3/2011: Bogor Speedcubing Club

  • 31 March, 2011 at 8:04 pm
    Permalink

    Itu sekjennya anak SMA6 kan yah? Wahaha kenalan aaah… #eh 😛

    Reply
  • 4 April, 2011 at 8:36 am
    Permalink

    Keren
    Maju terus BLOGOR

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *