Saung Nyerat tanggal 22 Januari 2011 dipandu oleh saya, Tami, dan teman baik saya Kang WKF, dengan narasumber Ibu Agnes Setyowati Hariningsih, M.Hum. Beliau adalah Dekan Fakultas Sastra, Universitas Pakuan Bogor. Berikut rangkuman bincang-bincang kami.

Fakultas Sastra memiliki empat program studi, yaitu Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Jepang dan Ilmu Komunikasi. Fakultas ini menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sarjana profesional di bidang bahasa, sastra, dan budaya yang dapat berkompetisi dalam persaingan global.

Kompetensi yang diharapkan dari proses pendidikan di Fakultas Sastra terkait dengan bidang bahasa adalah kemampuan menulis dan menciptakan karya, serta kemampuan mengapresiasi karya. Hal ini didukung oleh beberapa mata kuliah seperti: penulisan kreatif, penulisan ilmiah, penulisan populer, tehnik penerjemahan, kritik sastra, apresiasi seni, kemampuan menulis dan analisis wacana. Karya mahasiswa biasanya dibukukan dan menjadi koleksi perpustakaan. Mahasiswa juga membuat buletin untuk menampung karya mereka. Buletin ini diisi oleh mahasiswa dari keempat program studi yang ada. Dengan demikian, lapangan pekerjaan yang dapat dijangkau alumni semakin luas.

Dalam pencapaiannya, kompetensi tersebut di atas didukung dengan adanya berbagai kegiatan yang berhubungan langsung dengan penulis atau pemerhati bidang bahasa dan sastra. Acara ini antara lain mengundang Jenar Mahesa Ayu, Putu Wijaya, Maria A. Sarjono, dan beberapa penulis lain. Kegiatan ini digagas oleh mahasiswa dan oleh pihak fakultas.

Fakultas Sastra juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa media cetak lokal. Bentuk kerjasama ini adalah diberikannya kesempatan magang bagi mahasiswa dan kesempatan mengisi kolom pendidikan di media tersebut.

Selain itu, Fakultas Sastra juga menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah seperti Pusat Bahasa. Lembaga ini memberikan kesempatan magang dan pelatihan bagi mahasiswa.

Di Fakultas ini juga terdapat beberapa mahasiswa asing yang belajar bahasa dan sastra Indonesia, baik reguler maupun non-reguler. Program non-reguler dimaksud adalah Program Darmasiswa, suatu program beasiswa yang diberikan pemerintah RI kepada mahasiswa asing untuk belajar bahasa dan sastra Indonesia. Sampai saat ini Fakultas Sastra sudah menerima sebanyak 52 mahasiswa dari program ini, yang berasal dari Rusia, Slovakia, Cina, Inggris, Polandia, Rumania, Perancis, Vietnam, Laos, Thailand, Amerika, dan beberapa negara lain. Bahkan salah satu dari mereka sempat mengikuti acara Belajar Indonesia yang ditayangkan di salah satu televisi swasta.

Mahasiswa asing yang belajar di Fakultas Sastra tidak menemui hambatan yang berarti. Seringkali setelah beberapa kali pertemuan, hambatan bahasa dapat teratasi karena mereka juga aktif mengikuti kegiatan di luar kampus.

Nah, bagi yang ingin bergabung dengan Fakultas Sastra silakan mengakses informasi lebih lanjut di http://www.sastraunpak.net. Pendaftaran gelombang pertama sudah dibuka dan berakhir 21 Mei 2011.

Demikian laporan kami, langsung dari TKP Saung Nyerat.

Hatur nuhun.

Naskah dan foto disiapkan oleh Utami Utar.

Reportase: Saung Nyerat Edisi 22/1/2011

3 thoughts on “Reportase: Saung Nyerat Edisi 22/1/2011

  • 27 January, 2011 at 3:45 pm
    Permalink

    ralat: kalimat pertama seharusnya “… dipandu oleh Kang WKF dibantu oleh saya …

    Reply
  • 29 January, 2011 at 10:43 pm
    Permalink

    @utami utar: makasih telah dibantuin ya 😉

    Reply
  • 1 February, 2011 at 2:17 pm
    Permalink

    ihhiir suami istri yang kompak wakaka..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *