Saung Nyerat edisi Minggu 20 Februari 2011 pukul 16.00-17.00 di Radio Sipatahunan 89.4 FM yang dipandu oleh Desi Hartanto menghadirkan Lovine Bherlyan sebagai narasumber.  Kehadiran Lovine sangat pas dengan tema yang diusung Saung Nyerat mengenai dunia menulis. Berikut liputannya.

Lovine Bherlyan adalah seorang guru yang menggeluti dunia menulis. Novel pertamanya yang terbit tahun 2009, Lana Biarkan Cinta Menemukan Jalannya, diselesaikannya dalam kurun waktu sekitar enam bulan. Saat ini novel kedua sedang dalam proses cetak. Berbeda dari novel pertama, novel kedua dengan judul Senja di Bukit Kaba diselesaikannya dalam waktu yang relatif singkat, yaitu hanya satu bulan.

Selain novel remaja, Lovine juga menulis cerita/komik anak. Beberapa yang sudah terbit adalah Aurora Putri Kupu-kupu (2003), Rahasia Lembah Larangan (2003), Wish My Hands (2005).

Menurut Lovine, menulis cerita anak dan cerita remaja/dewasa memiliki perbedaan. Pesan moral yang dibawa dalam cerita anak seharusnya lebih jelas sehingga anak-anak dapat dengan mudah menangkapnya. Cerita anak juga memberikan solusi mengenai masalah yang diangkat. Misalnya, cerita tentang anak nakal, lebih baik dituliskan juga bagaimana mengatasinya.

Menulis, menurut narasumber yang satu ini dapat juga digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan anak. Anak dilatih mengungkapkan apa yang ingin disampaikannya melalui tulisan. Dan karena menulis erat hubungannya dengan membaca, orang tua sebaiknya menyediakan juga bacaan yang baik di rumah. Hal ini berguna untuk memperkaya tulisan anak, dalam hal kosakata dan pengetahuan.

Lovine juga berbagi tips dalam hal menulis. Pertama, bila ide sudah datang, segera tulis dalam catatan kita supaya tidak hilang begitu saja. Kemudian setelah kita siap untuk mengembangkannya, tulis saja apa yang ingin kita tulis tanpa harus pusing mengenai ejaan. Baru setelah beberapa waktu, kita baca ulang dan biasanya dengan sendirinya menemukan mana yang harus diperbaiki.

Ide bisa dari mana saja, dari apa yang kita lihat dan dengar, dari pengalaman diri sendiri ataupun dari pengalaman teman. Nah, tunggu apa lagi. Ayo menulis.

Naskah disiapkan oleh Utami Utar.

Reportase: Saung Nyerat Edisi 20/2/2011

One thought on “Reportase: Saung Nyerat Edisi 20/2/2011

  • 21 February, 2011 at 1:04 pm
    Permalink

    hayo menuliss……….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *