Tepat tanggal 1 Januari 2011 [1/1/11], disaat masyarakat dunia tengah menikmati libur natal dan tahun baru, dari frekuensi 89.4 FM Radio Sipatahunan, Saung Nyerat Blogor tetap hangat mengudara, berbagi informasi, tips dan trik perihal dunia penulisan dan komunitas.

Kali ini, Matahari Timoer didampingi dengan Miftahgeek menjadi host di tanggal yang boleh disebut “sakral” tersebut. Bukan hanya tanggalnya yang sakral, namun juga narasumber yang diundang ke Saung Nyerat. Sebagai perwakilan dari dblogger [blogdetik] hadir Eyang Anjari, hadir pula Unggul Sagena yang merupakan salah satu pemenang writing contest Pesta Blogger 2010, dan terakhir Chandra Iman yang merupakan social media enthusiast dengan I Love Bogor sebagai salah satu brand yang diusungnya.

Dalam diskusi seru Saung Nyerat episode 1/1/11, Eyang menjelaskan konsep dBlogger [komunitas pengguna blogdetik], yang kadang keliru dengan deBlogger [komunitas blogger Depok]. Disampaikan pula perbedaan dBlogger dengan komunitas blogger berbasis lokasi. Tidak lupa disampaikan rencana dBlogger kedepannya.

Unggul Sagena, sebagai salah satu pemenang writing contest Pesta Blogger 2010, menjelaskan alasan dan tips trik yang digunakannya saat mengikuti berbagai perlombaan menulis. Narasumber yang juga sempat dinobatkan sebagai narasumber open source ini mengungkapkan bahwa hadiah yang diberikan untuk pemenang bukan menjadi alasan utama untuk mengikuti suatu perlombaan menulis, melainkan deadline, topik yang diberikan, juga dilihat ke-integritas-an juri nya. Beliau juga mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap blogger yang hanya memanfaatkan blog nya hanya untuk lomba. Seharusnya keteraturan blogger dalam memposting tulisan-tulisannya juga harus dimasukkan ke dalam salah satu point pengujian, ungkapnya.

Berbeda dengan kedua narasumber sebelumnya, Chandra Iman berbagi dengan para pendengar Sipatahunan 89.4 FM perihal social media. Di beberkan pula cara legal dan ilegal untuk mendapatkan follower atau jumlah pendukung pada Facebook page. Bukan hanya merupakan tips belaka, Facebook page I Love Bogor sendiri, yang dimilikinya, sudah mendapatkan dukungan dari 53.000 user.

Namun diskusi yang hangat itu ternyata terbatasi oleh waktu, namun masih akan ada diskusi menarik selanjutnya di hari yang sama, Sabtu, pukul 15.00-17.00 WIB dengan narasumber yang lebih menarik dan host yang lebih asyik. Semua tetap di Radio Sipatahunan 89.4 FM 🙂

Reportase : Saung Nyerat Edisi 1/1/2011

5 thoughts on “Reportase : Saung Nyerat Edisi 1/1/2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *