Anda rajin beli buku? Atau anda suka membaca buku? Pas banget kalau gabung di Goodreads Indonesia.

Kali ini Saung Nyerat Blogor dengan dipandu Kang Irvan dan Teh Echa ngobrol di Radio Sipatahunan 89.4 FM bareng Kang Jimmy dan Teh Vera dari Goodreads Indonesia. Padahal Bogor panasnya minta ampun, tapi teman-teman dari Goodreads yang jauh-jauh datang dari Jakarta tetap semangat untuk hadir di Bogor dalam acara Saung Nyerat ini. Bravo!

Goodreads Indonesia (GRI) ini dibentuk 7 Juni 2007 oleh Femmy Syahrani dan ditujukan untuk para pembaca buku berbahasa Indonesia yang ingin mendiskusikan buku-buku tersebut dan juga upaya untuk mengumpulkan buku-buku berbahasa Indonesia. Intinya berbagi tentang buku pokoknya.

Sesuai dengan visi misinya, Goodreads Indonesia berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. Dengan menjadikan komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dalam pelbagai kegiatan baik kegiatan di dunia maya maupun di dunia nyata, GRI sudah melakukan banyak kegiatan. Saat bencana alam, tsunami Aceh dan yang terakhir Merapi, GRI turut menghimpun dana untuk para korban bencana ini. Dan semenjak tahun 2010, GRI juga mempunyai jam siaran di salah satu radio di Jakarta loh. Di media Indonesia, GRI juga punya kolom khusus tentang kegiatannya. Asyik bukan?

Dengan anggota berjumlah 4086 orang yang aktif hingga saat ini, GRI memiliki thread diskusi yang banyak, entah itu membahas tentang buku, kegiatan GRI bahkan thread kenalan juga iya (pas dilirik ke webnya ada thread karaoke juga loh :D).

Biasanya judul buku baru yang direferensikan dibahas dan dikomentari oleh para anggota yang sudah membaca. Dan untuk tahun 2011 ini, GRI punya gawe “Reading Challenge 2011” untuk para anggotanya. Yaitu berapa banyak buku yang dibaca selama tahun 2011, jadi ada goal yang ingin dicapai. Contohnya tahun ini saya mau membaca 50 buku. Hadiahnya? Yaitu penghargaan pada diri sendiri sudah membaca sebanyak itu tepat waktu dan mengerti maknanya.

Sesuai dengan tema kali ini, dengan membaca kita bisa keliling dunia. Loh kok bisa? Ternyata saat ini banyak buku ala backpacker yang notabene mereka jalan-jalan dengan biaya yang murah.  Dengan membaca buku tersebut, kita merasakan seakan-akan ada di sana, bahkan bisa merasakan semangat pergi jalan-jalan seperti yang dimiliki si penulis buku. Iya nggak? Apalagi kalau kita baca buku yang mengisahkan latar tempatnya begitu detil, entah di dalam atau luar negeri, kita bisa terbawa (baca: terhayut) seakan kita berada di sana. Hebat kan? Padahal cuma membaca buku. Dan itulah dahsyatnya buku bagi pembacanya 🙂

Berminat untuk menjadi anggota Goodreads Indonesia? Buka aja webnya di www.goodreads.com dan klik join grup. Di sana nanti bisa daftar menggunakan alamat email. Dan taraaa… selamat datang di grup membaca buku. Dan siapkan diri anda untuk keliling dunia.

Reportase Saung Nyerat 13/02/11 “Keliling Dunia Dengan Membaca”

4 thoughts on “Reportase Saung Nyerat 13/02/11 “Keliling Dunia Dengan Membaca”

  • 19 February, 2011 at 9:12 pm
    Permalink

    setuju, cara murah meriah keliling dunia dan tanpa harus meninggalkan rumah. 😉

    Reply
  • 19 February, 2011 at 11:30 pm
    Permalink

    Kang dan Teh.., reportasenya minta izin dipajang di Goodreads Indonesia ya. Juga di Twitter dan Facebook.
    Terima kasih.

    Semoga nanti bisa ngundang perwakilan Blogor untuk siaran kami 🙂

    Reply
    • 19 February, 2011 at 11:38 pm
      Permalink

      Silakan kang jimmy

      Teman2 blogor pasti senang dengan undangan siarannya..

      Nuhunn

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *