Ehm, sulit memang mencari kata untuk mewakili maksud saya. Blogger Sosial yang saya maksud adalah seseorang yang memanfaatan blog tak hanya sebagai ajang untuk melampiaskan hobi menulisnya tapi juga sebagai sarana menjalin persahabatan. Blogger semacam ini tumbuh subur di Indonesia. Hal ini yang membuat karakter blogger Indonesia berbeda dengan karakter blogger di negara-negara maju semacam di Amerika. Blogger di Indonesia lebih terbuka dan bersahabat, ya terutama yang masuk kategori Blogger Sosial ini.

Berdasarkan pengamatan sederhana yang saya lakukan terhadap para Blogger Sosial, ada 3 hal yang sangat mereka sukai dan mereka anggap penting. Tiga hal itu yakni:
1. Posting
2. Blogwalking
3. Kopdar

Posting maksudnya adalah menulis dan mempublish tulisan di blog. Bahagia hati mereka jikalau mereka telah mengupdate tulisannya. Dan akan gelisah hati mereka jikalau mereka lama tak sempat meng-update blognya. Kerinduan untuk meng-update tulisan nyaris seperti kerinduan untuk bertemu dengan kekasih (wah yang ini mungkin lebay). Blogger Sosial selalu berusaha menyempatkan diri memposting disela-sela kesibukan aktifitasnya. Blogger Sosial biasanya berusaha posting tiap hari atau dua hari sekali. Dan saat mereka sibuk-sibuknya, mereka akan tetap menyempatkan memposting paling tidak seminggu sekali. Kecuali memang benar-benar ada hal-hal yang membuat mereka sulit berinternet ria.

Blogwalking maksudnya adalah jalan-jalan ke blog orang lain. Tujuan mereka sebenarnya adalah untuk mengapresiasi tulisan para blogger lainnya. Jelas disamping itu bertambah pula wawasan karena terbiasa membaca tulisan blogger lain. Dari blogwalking ini muncullah keeratan persahabatan. Saling mengomentari tulisan masing-masing yang berbuntut pada perwujudan rasa persahabatan. Dengan blogwalking eksistensi blogger di dunia perbloggeran ini menjadi semakin ketara. Maka wajar jikalau para Blogger Sosial ini sedikit tak enak hati apabila belum sempat blogwalking ke sesama blogger.

Kopdar alias kopi darat. Adalah suatu upaya mempertemukan diri di dunia nyata setelah jalinan persahabatan tumbuh di dunia maya. Meski belum bertemu rasanya sudah saling mengenal saja, apalagi kalau sudah bersua, rasa persahabatan ini akan semakin terasa. Tak heran jikalau blogger saat kopi darat seolah sudah sangat bersahabat dekat. Kopi darat benar-benar menjadi hal yang memikat hati para blogger. Saat kopdar mereka akan sangat bahagia, seolah bersua dengan sahabat yang lama tak bertatap muka. Nah dari kegiatan kopdar inilah biasanya terwujud pengimplementasian komunitas blogger.

Begitu pun dengan Komunitas Blogger Bogor, jikalau kita mau menengok sejarah asal mula BLOGOR berdiri tentu tidak lepas dari tiga hal di atas. Mereka yang memprakarsai berdirinya BLOGOR adalah mereka yang di awal tahun 2008 itu dikenal kalangan blogger sebagai blogger yang rajin update postingan dan rajin blogwalking, kalangan blogger menganggap mereka seleblog dari Bogor. Lantas karena rajin blogwalking, mereka pun bersahabat. Komunikasi diintensifkan melalui chating dan disepakatilah untuk kopdar. Ada dua kopdar sebelum benar-benar BLOGOR diresmikan di Plaza Telkom Bogor pada tgl 24 Agustus 2008.

Baiklah sahabat, mengingat uraian di atas, saya selaku salah satu pengurus BLOGOR ingin rasanya mengajak barudak bloggor mencoba untuk menyenangi ketiga hal di atas. Meski saya tahu kebanyakan telah merasakannya. Rajin posting, rajin blogwalking dan akhirnya melepas rindu di kopdar. Kita sempat disuguhi hasil analisis Pak Sjafri tentang tingkat update blog barudak BLOGOR yang sedemikian hasilnya, maka semoga kita semakin termotivasi untuk semangat ngeblog. Begitu pun dengan blogwalking, saya sempat ngobrol dengan MT, Asep, Unggul dan Pandu tentang tidak biasanya barudak BLOGOR blogwalking ke blog komunitas (blogor.org) dan ke blog sesama anggota komunitas. Untuk blogwalking, kita bisa mencontoh Kang Asep yang sangat rajin blogwalking dan dikenal luas di kalangan blogger. Kalau soal kopdar jangan ditanya, bisa jadi BLOGOR adalah komunitas dengan kopdar tersering. Hal ini patut diacungi jempol 🙂

Baiklah, dalam rangka saling memotivasi agar tumbuh ketiga kesenangan di atas, maka setelah Lomba Postingan Tematik mengenai “Strategi Update Blog” sekarang kita adakan lomba “Indahnya Blogwalking”. Seperti biasa ada 10 cendera mata bagi 10 postingan terpilih. Hadiah ada di pupuhu kita, Kang Alif (ya kalau gak di beliau mungkin di calon istrinya, hehe). URL postingan silakan tuliskan di tret milis BLOGOR dengan judul yang sama.

Salam BLOGOR
Berbagi Bersama Luar Biasa.

Tiga Kesenangan Blogger Sosial

13 thoughts on “Tiga Kesenangan Blogger Sosial

  • 3 April, 2010 at 8:52 am
    Permalink

    Ayo !!! 🙂

    Reply
  • 3 April, 2010 at 11:54 am
    Permalink

    Pitnah.. ini pitnah.. Nama saia disebut2… 😀

    Mang Achoey… Saia mah justru malah pengen belajar dari orang-orang hebat di Blogor…

    Kita adalah blogger.. Maka, kegiatan utama kita adalah menulis di blog dan juga menggali inspirasi dari berbagai blog, begitu bukan?

    Reply
  • 6 April, 2010 at 7:33 pm
    Permalink

    @kak chan fotonya g kuaaaaaaaaaaaaaaat 😛

    @kang achoey hadiah buku yang mane lagi ya kak…..di aku cuma itu aja 🙁

    Reply
  • 6 April, 2010 at 7:34 pm
    Permalink

    wuiiiih fotonya yangpake kaos blogor sebelah kiri aku suka….. 🙂

    Reply
  • 7 April, 2010 at 8:59 am
    Permalink

    dari tiga, hanya dua yang bisa dilaksanakan. itupun masih tersendat. yang terakhir sulit dilaksanakan karena satu dan lain hal……

    Reply
  • 7 April, 2010 at 9:37 pm
    Permalink

    @Kang Asep
    Kau memang rendah hati sobat
    @Kang Iman
    Hehehe, yayaya
    @Echa
    Oh, berarti di calon suamimu 😀
    @Komuter
    Kutahu kondisimu 🙂

    Reply
  • 9 April, 2010 at 3:52 pm
    Permalink

    Pengen jadi member milis blogor gimana caranya ya?
    Halo Echa?

    Reply
  • 10 April, 2010 at 1:26 pm
    Permalink

    kita semua pastinya belajar bersama di blogor

    Reply
  • 10 April, 2010 at 1:27 pm
    Permalink

    @harris maulana : klik aja menu paling atas berlabel MILLIS. ada petunjuknya di sana 🙂

    selamat bergabung!

    Reply
  • 12 April, 2010 at 12:16 pm
    Permalink

    hiyaaaaaaaaaaaa.. aku posting satu postingan aja nyeleseinnya dua minggu 🙁

    Reply
  • 14 April, 2010 at 7:35 am
    Permalink

    @Harris
    Yup, benar apa yg dikatakan MT
    @MT
    Ya, belajar bersama, luar biasa 🙂
    @Menik
    Ah mbak, suka pura2 😀

    Reply
  • 28 May, 2010 at 11:18 pm
    Permalink

    blog yg seperti itu yg menurut saya bagus, daripada blog yg isinya iklan doang, malah ga ada artikelnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *