Apa yang bisa terjadi jika data kependudukan suatu negara diragukan keabsahannya? Banyak. Satu hal yang dapat saya contohkan mungkin saja hal itu dapat menimbulkan kerancuan dalam -misalnya- penyusunan anggaran negara. Karena jika data yang tidak absah tersebut digunakan, tentu saja tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Bisa saja terjadi kemubaziran anggaran. Itu baru salah satu contoh saja. Mungkin ada lebih banyak lagi dampak burut akibatnya.

Sudah lumrah jika ada ‘oknum’ penduduk yang  memiliki lebih dari satu Kartu Tanda Penduduk (KTP). Memanipulasi data untuk tujuan tertentu, misanya untuk pengurusan pemilikan kendaraan bermotor, pindah rumah, dan sebagainya, Akibatnya ada satu orang penduduk ‘fiktif’ yang menambah jumlah penduduk. Padahal orangnya itu-itu juga. Bayangkan jika hal ini dilakukan banyak orang. Makin bengkaklah jumlah penduduk Indonesia. Yang seharusnya misal hanya 220 juta penduduk, membengkak jadi 260 juta penduduk. Walah…  Tapi sepertinya ini jadi hal lumrah di masyarakat :(.

Untuk itulah keberadaan sensus kependudukan penting dilaksanakan secara rutin. Tahun ini sensus kependudukan akan dilakukan kembali. Sensus dilakukan tiap sepuluh tahun sekali dan dilakukan pada tahun berakhiran angka 0 (nol). Sensus Penduduk 2010 (SP2010) dilaksanakan serentak pada tanggal 1-31 Mei 2010.

Yuk, kita dukung SP2010 dengan memberikan jawaban yang benar. Untuk kepentingan kita juga, kan? Meskipun sekarang-sekarang ini kita sedang dilanda demam tidak percaya akan kinerja pemerintah dan institusi-institusinya akibat berbagai kasus yang menurunkan kredibilitas. Bagimanapun, data-data tersebut menjadi modal penting perencanaan pembangunan negara.

Saatnya Sensus, Kita Dukung Yuk!
Tagged on:             

10 thoughts on “Saatnya Sensus, Kita Dukung Yuk!

  • 1 May, 2010 at 1:16 pm
    Permalink

    kalo saya biasanya tau beres aja… diurusin sama ayah… 😀
    tapi kemaren udah ada pemberitahuan sih dari pak RT perihal sensus penduduk 2010 ini…

    Reply
  • 2 May, 2010 at 2:08 pm
    Permalink

    Saya udah disensus 🙂
    Paling enggak pas nyampe ke kontrakan dah ada stickernya hehe

    Reply
  • 3 May, 2010 at 10:34 pm
    Permalink

    yang nulis2 posting kayak gini boleh yang bukan redaksi? atau harus redaksi blogor?, kok kayaknya yang nulis itu2 aja,emang blogor yang laen gak boleh ya? :mrgreen:

    Reply
  • 4 May, 2010 at 2:07 pm
    Permalink

    Wah, malah lebih seru dan variatif loh kalo banyak yang nulis.. Sepertinya bukan cuma redaksi aja kok.. Saya juga bukan redaksi.. Ntar minta Mimin untuk merubah status keanggotaan aja kang.. Jadi subsciber gitu…
    CMIIW…

    Reply
  • 6 May, 2010 at 10:47 am
    Permalink

    lha redakturnya saja belum semua bisa masuk dan leluasa posting kok, gimana blogor lainnya? tanyakan saja ke pimred blogor.org hehe :mrgreen:

    Reply
  • 12 May, 2010 at 3:40 pm
    Permalink

    ternyata petugas sensus juga menempelkan stikernya di kaca jendela rumah saya. kira-kira petugasnya tahu ngga ya.. berapa jumlah penghuni rumah saya. khan ngga ketahuan saat menempelkan stikernya.

    Reply
  • 14 May, 2010 at 10:25 am
    Permalink

    Ane dah disensus, Tapi Ngga ditanya2 hiks, cuma dimintain Kartu Keluarga (KK) Hiks… padahal Formnya banyak yang harus diisi….

    Petugas Sensusnya rajin yak Ngisiin Data2 kita 😀

    Salam blogor…!!

    Reply
  • 19 May, 2010 at 6:01 pm
    Permalink

    aku gak tau dah disensus apa belum..hehe
    yg ngurus semua tanteku 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *