Saung Nyerat merupakan ajang berbagi ilmu, tips, dan cerita seputar dunia menulis yang rutin disiarkan di Radio Sipatahunan 89.4 FM setiap Sabtu pukul 16.00 WIB s/d 17.00 WIB. Untuk Saung Nyerat edisi 25 Desember 2010, topik yang dibahas adalah Menguangkan Blog. Dengan narasumber Kang Dian Ardiansyah, acara dipandu oleh WKF dan Gioveny atau yang lebih akrab dipanggil Phenyukerooo.

Kang Dian mengawali blognya karena tertarik dengan dunia internet saat masih mahasiswa. Beliau senang bercerita lewat blog sampai akhirnya mencari informasi yang berguna untuk orang lain. Salah satu blognya yang banyak dikunjungi adalah http://www.cpnsindonesia.com yang juga sudah berhasil menghasilkan uang per bulan tentunya. Karena hobi ngeblognya, Kang Dian beserta rekan-rekannya yang berhobi sama kemudian mendirikan komunitas blogger Bogor atau Blogor pada 24 Agustus 2008.

Dalam bincang-bincang tersebut Kang Dian mengutarakan bahwa pada prinsipnya sebuah blog bisa menghasilkan uang. Syaratnya adalah ketekunan dan keseriusan dari pemiliknya. Blog harus selalu di-update dengan hal-hal baru sehingga banyak pengunjung yang datang. Blog sebaiknya berisi materi yang spesifik. Cara yang bisa dilakukan untuk memonetisasi blog di antaranya adalah dengan memberikan ruang untuk iklan dan mengulas (review) suatu produk.

Perlu percobaan yang membutuhkan waktu untuk menentukan fokus suatu blog pada konten tertentu. Penggunaan bahasa Inggris pada blog juga merupakan cara yang bisa digunakan untuk memaksimalkan monetisasi blog. Jika kita memiliki banyak blog, maka harus terjadwal dan berkelanjutan dalam meng-update agar blog tersebut efektif dan efisien.

Dalam edisi Monetizing Blog ini, Saung Nyerat memberikan kuis yang berhadiah voucher makan gratis dari Pecel Lele Lela yang beralamat di Jalan Jend. Sudirman No. 22 Bogor dan pemenang yang beruntung adalah Bapak Dimas dan Bapak Webdi. Voucher dapat diambil di Radio Sipatahunan di Dinas Pendidikan, Jalan Pajajaran 125 Bogor, sebelum 31 Desember 2010. (Diharapkan voucher sudah diambil sebelum 31 Desember 2010 karena masa berlaku voucher hanya sampai tanggal tersebut.)

SAUNG NYERAT, DUNIANYA MENULIS.

Naskah dan foto disiapkan oleh Phenyukerooo.

Reportase: Saung Nyerat Edisi 25/12/2010

6 thoughts on “Reportase: Saung Nyerat Edisi 25/12/2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *