Mengutip sebagian dari Wikipedia, komunitas adalah sebuah kelompok sosial, umumnya memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu. Dalam sebuah komunitas, para anggota diberi kebebasan untuk saling bertukar pengalaman atau pengetahuan masing-masing, dengan tujuan agar bisa saling melengkapi. Di berbagai kota atau negara belahan manapun, akan dengan mudah kita jumpai eksistensi komunitas apapun. Pun di kota Bogor tempat kami, blogger Bogor bernaung. Berbagai jenis komunitas dapat dengan mudah kita jumpai.

Dengan host kang Baban Sarbana, Blogor bekerjasama dengan Radio Sipatahunan 89,4 FM Bogor membuat sebuah program talk show yang diberi nama KomBo (singkatan dari Komunitas Bogor). Program KomBo berisi informasi serta diskusi seputar komunitas-komunitas di kota Bogor. Program ini direncanakan rutin diadakan setiap hari Sabtu pukul 15.00 s/d 17.00 WIB. Dalam setiap sesi akan dihadirkan perwakilan dari komunitas yag sudah mendaftar sebelumnya. Pendaftaran bisa diakses melalui situs komunitasbogor.com.

Siaran perdana program ini telah dilakukan sore tadi, Sabtu (06/11). Pada kesempatan pertama ini dihadirkan perwakilan dari dua komunitas di Bogor yaitu Komunitas Blogger Bogor (Blogor) serta Komunitas Fotografi Bogor (KFB) .

Blogor yang juga sebagai ‘tuan rumah’ untuk program KomBo ini diwakili oleh tiga pengurusnya yaitu Ibu Desi Hartanto,  Kang Fajar, serta Kang Asepsaiba. Sedangkan KFB dihadiri oleh pendirinya yaitu Kang Ready Hardiyatmoko.

Diskusi ringan dan santai, sesekali diiring jokes segar dibawakan oleh Kang Baban dengan apiknya. Padahal, ia sendiri background-nya adalah script writer. Diskusi berjalan selang-seling, dari Blogor lalu KFB, dan sesekali antar perwakilan komunitas pun bisa saling bertanya.

Anggota Blogor yang terdata pada database saat ini sekitar +/- 500 blogger dengan anggota aktif sekitar 50 orang. Sedangkan KFB, dilihat dari info page Facebook-nya, saat ini tercatat ada 900-an orang yang bergabung di group Komunitas Fotografi Bogor, dengan anggota yang aktif sekitar 30-40 orang.  Sebuah angka yang cukup fantastis untuk sebuah kota di ‘pinggiran’ Jakarta. Sama seperti layaknya komunitas lain, kedua komunitas ini pun memiliki agenda rutin untuk bertemu muka di tempat favorit. Apalagi kalau bukan KopDar alias Kopi Darat. Dari obrolan ringan, tercetus ide jika kelak kopi darat bukan hanya antar sesama anggota di satu komunitas saja, tapi dalam cakupan lebih luas, yaitu kopi darat antar komunitas di Bogor.

Diskusi tentang Blogor seputar aktifitas blogging, tips-tips nge-blog, monetasi blog, apa tujuan nge-blog, manfaat bergabung di komunitas, syarat menjadi anggota Blogor, hingga prestasi yang dicapai dari nge-blog. Sedangkan pada sesi Komunitas Fotografi Bogor, Kang Ready memaparkan tentang sejarah terbentuknya KFB, alasan ektertarika pada dunia fotografi, tempat nongkrong favorit, even-even yang pernah diselenggarakan, hingga masalah teknis tentang jenis-jenis kamera dan perangkat pendukungnya.

Memiliki tujuan yang sama, tapi caranya berbeda. Itulah dunia Blogger dan fotografer. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu bercerita tentang sebuah momen. Namun sarana pengungkapannya saja yang beda. Seorang blogger menuangkannya dalam tulisan, sedangkan hanya satu kali jepretan saja, seorang fotografer mampu menceritakan momen tersebut.

Acara talk show KomBo juga diselingi diskusi interaktif dengan para pendengan Sipatahunan FM lewat line telpon 0251-8334949 atau follow twitter @bloggerbogor atau @babansarbana.

Ayo, daftarkan komunitas yang anda ikuti untuk ikut bergabung dalam program KomBo ini, share ilmu dan pengalaman kalian untuk kemajuan kota hujan tercinta kita. Daftarkan komunitas anda di SINI. Mari berbagi, karena berbagi itu indah…

KomBo di Sipatahunan 89.4 FM Bersama Blogor
Tagged on:                             

7 thoughts on “KomBo di Sipatahunan 89.4 FM Bersama Blogor

  • 7 November, 2010 at 12:08 am
    Permalink

    pertamax…*sekali-kali, ga prnah komen ini*

    kereeen abiz…semangat kpd komunitas2 di bogor.

    Reply
  • 7 November, 2010 at 12:51 am
    Permalink

    aku mengikuti dari awal hingga akhir. mantap pembahasannya. aku senang sekali! lanjut terus setiap sabtu sore ya!

    Reply
  • 7 November, 2010 at 12:18 pm
    Permalink

    Sip. Saya suka dengan geliat BLOGOR

    Reply
  • 7 November, 2010 at 7:06 pm
    Permalink

    hayu.. Kang MT.. ini medium Blogor untuk makin eksis.. next year kita bikin Bogor Wilujeng Surfing.. Sabtu depan, mangga diantos, datang aja… kita bisa ngobrol dengan Komunitas Motivator dan Trainer

    Reply
  • 8 November, 2010 at 11:30 am
    Permalink

    maju terus… biar blogor makin kelihatan dan terdengar

    Reply
  • 9 November, 2010 at 2:42 pm
    Permalink

    dukung blogger bogor agar tetap bersahaja, bersahabat, dan merakyat.. =)

    Reply
  • 9 November, 2010 at 9:27 pm
    Permalink

    kolaborasi yang ciamik banget, makasih kang baban untuk kesediannya memandu kemarin, terasa lebih siap saat talk show…saluteeee

    terima kasih juga kang fajar, kang asep dan tentu saja Kang Ready…yang langsung daftar jadi blogor…

    semangat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *