24 Agustus 2010 bertepatan dengan hari lahirnya Blogor. Komunitas blogger Bogor telah mencapai usia 2 tahun. Sebuah pencapaian angka yang memang belum banyak asam garam. Namun hal itu tidak tercermin dalam semangat barudak dan kegiatannya. Semangat bisa dilihat dari kegiatan kopdar, sosial, maupun pelatihan yang sering digelar. Nyaris tak pernah ada kegiatan yang hanya sekedar “haha-hihi”. Bahkan kopdar mancing yang sudah 4 kali dilaksanakan, kenyataannya bukan sekedar kegiatan memancing ikan. Tapi juga sekaligus memancing pemikiran kritis anggota dengan obrolan santai yang digelar. Setiap pertemuan, pasti ada nilai positif yang direncanakan dan dibawa pulang.

Blogor yang gerbongnya sudah dipenuhi oleh 507 blogger ini belumlah sesak. Masih banyak gerbong yang kosong. Karena itu teruslah mengajak siapapun mereka yang ingin bergabung dengan blogor. Blogor yang di dalamnya terdiri dari anggota beragam usia, tingkat pendidikan, profesi, pekerjaan, hobi, bahkan perbedaan agama, mencerminkan kebersamaan dalam keragaman. Yang muda bersikap dewasa, yang dewasa berjiwa muda.

Hari ini, 29 Agustus 2010 sekitar 40 anggota Blogor yang sudah registrasi, akan menghadiri pertemuan penting. Pak Sjafrie Mangkuprawira, sebagai pembina Blogor mengundang barudak Blogor untuk buka puasa bersama di restoran padang Simpang Raya, Baranangsiang, Bogor. Agenda yang paling penting dalam acara ini adalah presentasi prestasi pengurus blogor periode pertama (2008-2010). Merekalahyang membangun Blogor sejak awal hingga bentuknya seperti sekarang ini. Selain itu direncanakan juga agenda membentuk kepengurusan baru untuk periode 2010-2012. Apa yang Anda pikirkan tentang kepengurusan baru?

Menarik sekali menyimak penuturan pak Sjafrie tentang kriteria pengurus Blogor. Idealitas Ketua Blogor menurut Pak Sjafrie antara lain meliputi:

  • Amanah dan istiqomah antara kata dan perbuatan;
  • Mampu mengelola waktu untuk kegiatan blogor;
  • Kemampuan membangun semangat berkarya dan persaudaraan di kalangan warga blogor;
  • Kemampuan inovasi dan produktif berkarya dalam dunia perblogan; dan
  • Memiliki jejaring kerjasama dengan entitas bloger lainnya….

Mengacu dan mengaca pada kriteria yang telah disepakati anggota milis Blogor, tentunya banyak sekali anggota Blogor yang layak diberi amanah sebagai pengurus Blogor. Lihat saja nama-nama barudak Blogor berikut ini. Pasti terbayang di masa depan, sebuah komunitas Blogor yang fresh dan solid. Komunitas yang cerdas dan mencerdaskan. Unggul Sagena yang terkenal kritis dengan “Center” pemikirannya. Takhta Pandu Padmadenara sang Master Public Relation. Fajar Suyamto yang terkenal dengan ketawadhuan dan hokinya. Miftah Geek dengan semangat blogwalking yang tak ada remnya. Harris Maulana yang tiada henti mencari info kontes untuk dibagikan kepada khalayak netizen. Ismi yg tak Ada Duanya. Echa sang penagih janji. Achoey yang malang melintang di blognetworking. Alif Ontohod yang berani maju di kala dunia sedang sendu. Daeng Ruslee sang master Citizen Journalist.Β  Chandra Iman yang paling populer dari siapapun orang bogor dengan fakta followernya di social media. Boin Sam Tuxer, pemuda yang tak pernah berhenti bereksporasi. Wong Kam Fung, yang tak pernah ragu dan meragukan orang-orang di sekelilingnya. Anandita yang sudah lebih populer. Baban Sarbana yang terbiasa berkerja dengan target. Suami-Istri yang tak pernah mati berkreasi dan menginfluens kaum muda untuk selalu bekerja, Hartanto Sanjaya & Desi Fitriana.

Masih banyak jika mau diulas satu persatu. Butuh waktu yang lebih banyak lagi untuk membacanya. Apalagi jika harus menuliskan sekitar 500 lebih anggota Blogor.

Dari segelintir teman-teman yang tersebut di atas saja, sudah cukup menumbuhkan semangat untuk masa depan Blogor. Ayo, sore nanti, saatnya Anda memilih mereka yang memang pantas mengurus Blogor kita.

foto : blogor di Simpang Raya by Hartanto Sanjaya
2 Tahun Blogor, Semakin Fresh dan Solid
Tagged on:             

10 thoughts on “2 Tahun Blogor, Semakin Fresh dan Solid

  • 29 August, 2010 at 1:36 pm
    Permalink

    Berharap moga Hangga & Alif mampu mengkoordinasi semua pengurus lama (baik awal maupun suplemen). Lalu mengakhiri masa jabatannya dengan indah. Seindah memulainya. Karena barudak BLOGOR memang suka keindahan, meski setahu saya tak ada satu pun anggota BLOGOR yang bernama Indah. πŸ˜€

    Berharap segera lahir pupuhu baru yang memiliki kriteria menurut Pak Sjafri di atas, bahkan bila perlu jauh lebih baik dari itu. Meski konon kabarnya Anka Baik belum cukup baik tuk hadir sore nanti. πŸ˜€

    Jadi, ayo barudak BLOGOR. Majukan terus komunitas blogger yang kita cintai ini. Meski jujur saya lebih cinta Silvia Dewi. πŸ˜€

    Reply
  • 29 August, 2010 at 1:42 pm
    Permalink

    Yuup! Semoga akupun bisa kabur dari kegiatan pelatihan di Tahu Yunyi, Jalan Baru hari ini… Ingin ikut menyaksikan Blogor yang beragam namun tetap seragam, Blogor yang akan memilih pengurus baru dari nama-nama yang hebat di atas situ.

    Reply
  • 29 August, 2010 at 1:59 pm
    Permalink

    Saya sangat senang bisa bergabung dengan Blogor.. Silaturahim yang tak pernah padam.. Selamat ultah ke-2 Blogor-ku…

    Reply
  • 29 August, 2010 at 2:29 pm
    Permalink

    …ketika kita beribadah…dengan segenap hati tulus ikhlas…maka syaraf kita bakal mengendur, jiwa semakin tenang, dan kebahagiaan pun kita raih…dan medan ibadah begitu luasnya…termasuk memajukan dan membuat Blogor…menjadi indah untuk syiar kebajikan…amiin…

    Reply
  • 29 August, 2010 at 7:29 pm
    Permalink

    (Live from RM Simpang Raya Bogor)
    Alhamdulillah… Pupuhu sudah terpilih secara musyawarah.. Inilah demokrasi sesungguhnya…

    Kang MT… Semoga Allah memberi kekuatan kepada kang MT sehingga amanah ini dapat diemban dengan penuh keikhlasan.. Rekan2 Barudak Blogor pasti mendukungmu kang!

    Go Blogor Go!

    Reply
  • 29 August, 2010 at 10:28 pm
    Permalink

    Hiduuuuup MT πŸ™‚

    Reply
  • 30 August, 2010 at 6:56 am
    Permalink

    menjadi pemimpin itu tidak mudah tapi kalo tidak pernah menjadii pemimpin kita tidak akan pernah jadi bawahan yang baik., selalu menyalahkan pemimpin kita, disaat kita menjadi pemimpin baru kita merasakan bahwa jadi pemimpin itu berat, mengapa pahalanya berlipat karena tanggung jawabpun berlipat.
    semoga nawaitu yang baik akan membawa kebaikan baik kita semua.

    Reply
  • 30 August, 2010 at 1:13 pm
    Permalink

    Selamat buat pemimpin baru. Semoga ke depan Blogor menjadi lebih baik dalam banyak hal. Semoga kelak nama saya tercantum sebagai barudak Blogor karena sekarang yang nongol cuma foto saya saja, giliran di klik eror.

    Reply
  • 27 September, 2010 at 7:28 pm
    Permalink

    Sukses selalu…

    kunjungan pertama nie ke blogor πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *