Membersihkan furnitur memang merupakan hal yang seringkali menjadi hal yang paling malas untuk dilakukan karena mereka tidak menimbulkan kotoran yang begitu terlihat. Namun sebenarnya pada furnitur Anda terdapat banyak sekali kotoran dan debu yang menempel dan berada di sana dalam jangka waktu yang lama.

 

Membersihkan furnitur juga terkadang hanya memerlukan waktu yang sedikit dan Anda hanya perlu beberapa alat dan bahan untuk membersihkan furnitur dengan sekejap.

 

Sebagai permulaan, Anda bisa menyiapkan alat dan bahan untuk membersihkan furnitur seperti pembersih serbaguna, sarung tangan karet, kain microfiber dan lain-lain. Tak perlu merasa kerepotan dengan prosesnya, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu dan furnitur Anda akan bersih seketika.  

 

Bersihkan furnitur untuk menghilangkan kotoran di permukaan. Sekarang Anda sudah siap membersihkan kotoran dan debu yang ada. Mulailah dengan pembersih yang lebih lembut dan bergerak ke pojok furnitur yang sekiranya terdapat banyak debu sesuai kebutuhan.

 

Coba pencampuran larutan air dan sabun cuci piring. Celupkan kain lembut ke dalam larutan, peras dan bersihkan seluruh bagian. Anda memerlukan kain basah dan peras kain Anda sesering mungkin. Ambil lap kedua, bersihkan kain dan keringkan secara menyeluruh.

 

Sebagai aturan umum, jangan menggunakan banyak air ketika membersihkan furnitur kayu, dan ketika Anda melakukannya, jangan biarkan air tersebut berada di atas meja dalam jangka waktu yang lama. Air dapat menyebabkan kayu melengkung dan retak.

 

Bersihkan debu dan kotoran yang menempel dari kayu. Gunakan kain bersih untuk menutupi perabot dan menghilangkan debu dan kotoran di permukaan furnitur. Hindari lap bertekstur kasar untuk perabotan kayu, karena mereka dapat menggores dan merusak permukaan kayu. Sebagai gantinya, gunakanlah kain microfiber.

 

Gosok kayu dengan thinner, bahan ini sangat baik dalam menjaga furnitur Anda. Tuangkan thinner ke atas lap dan gosok lembut furnitur Anda. Poles furnitur Anda di ruang yang berventilasi baik ketika menggunakan bahan ini. Bersihkan sisa pembersih dengan lap basah.

 

Meskipun aman untuk kebanyakan furnitur kayu, Anda harus menguji bahan ini terlebih dahulu di area yang tidak mencolok (seperti bagian bawah, atau kaki kursi) untuk memastikan furnitur Anda tidak bereaksi buruk terhadap pembersih.

Buat mengkilap bagian yang telah dipernis permukaan dengan minyak lemon.

 

Caranya adalah dengan basahi kain, tambahkan sedikit minyak dan bersihkan semua bagiannya. Apabila seseorang telah menaruh minuman panas atau dingin langsung di atas meja. Tempel pasta gigi non-gel di meja tersebut dan gosok dengan kain lembut sampai noda terangkat.

 

Untuk noda yang membandel, campurkan bagian yang sama dengan baking soda dan pasta gigi. Bersihkan sisa pasta gigi dengan lap basah yang bersih dan keringkan seluruhnya.

 

Untuk menghilangkan tanda tinta yang menempel di furnitur, campurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok teh air ke dalam pasta tipis. Oleskan ke noda dan gosok lembut dengan kain lembut sampai noda hilang. Bersihkan pasta gigi dengan lap basah yang bersih dan keringkan seluruhnya.

 

Setelah perabotan Anda bersih, bersihkan lapisan cat kayu di atasnya untuk memperindah dan menambah kilau pada kayu. Anda juga bisa membuat ramuan poles sederhana dengan mencampur 1 cangkir minyak zaitun dengan 1/4 cangkir cuka putih. Tuangkan di atas kain lembut dan oles ke bagian kayu, lap dengan kain microfiber. Mengetahui cara membersihkan furnitur kayu akan membantu Anda menjaga barang-barang Anda tampak cantik dan tahan lebih lama.

 

Sumber : Kliknclean – Cara membersihkan furnitur kayu

Begini Cara Efektif Membersihkan Furnitur Di Rumah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *