Nama Pabangbon di awal tahun 2017 mencuat dengan adanya wisata Panorama Pabangbon, Perhutani selaku pengelola area perbukitan bekerja sama dengan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) setempat, dalam hal ini, masyarakat Desa Pabangbon, dengan nama LMDH Tunas Karya membuat wisata Panorama Pabangbon.

Wisata Panorama Pabangbon ini baru mulai beroperasi di bulan Maret 2017. “Awalnya yang datang ke sini (wisata Panorama Pabangbon) hanya anak muda, kini sudah mulai bercampur, banyak orang tua ikut datang ke sini” tutur Pak Idis yang menemani saya saat berkunjung ke wisata Panorama Pabangbon.

Saya sendiri datang ke wisata Panorama Pabangbon tanpa banyak persiapan, ternyata jalurnya mendekati beberapa meter menuju lokasi kita akan disambut oleh tanjakan yang curam. Mohon diusahakan kendaraan yang kita bawa ke wisata Panorama Pabangbon dalam keadaan sehat.

Dari jalan utama hingga hampir masuk area wisata Panorama Pabangbon, petunjuk arah yang dipersembahkan oleh salah satu merek rokok akan memandu kita serta banyak juga spanduk peringatan menjelang tanjakan yang curam.

Dari penuturan Pak Idis, masyarakat setempat yang berprofesi sebagai ojek menyediakan jasanya, dari titik jalan raya mematok tarif Rp 30.000. Atau jika mendekati area wisata mereka hanya akan mematok tarif Rp 10.000.

Saat tiba di area wisata kita akan dikenakan tarif parkir kendaraan sekali masuk langsung membayar Rp 10.000, untuk penitipan helm dengan biaya Rp 5.000. Saat masuk area wisata kita akan dikenakan biaya Rp 10.000. Untuk spot foto akan dikenakan biaya lagi masing-masing Rp 5000. Ada juru foto yang stand-by di tiap spot foto, mereka mematok tarif dengan harga Rp 10.000 untuk setiap 5 foto yang mereka ambil.

Saran saya sedia uang lembaran Rp 5.000 dan Rp 10.000 agar memudahkan untuk memilih dan berfoto di spot panorama yang ditawarkan. Sudah siap untuk mengunjungi wisata Panorama Pabangbon yang instagrammable ini?

Panorama Pabangbon, Yang Kini Menjadi Perhatian Kids Zaman Now
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *