Bogor, 21 Oktober 2017, Universitas Pertahanan yang berlokasi di Kawasan IPSC mengajak Blogor untuk hadir sebagai narasumber di acara “Pelatihan Fasilitator Sosialisasi Pendidikan Perdamaian” dengan tema Media Sosial untuk Perdamaian di Kalangan Anak Muda. Sekitar 30 orang siswa dan siswi SMP Negeri 3 Cibinong menyambut kami dengan mata-mata kurang semangat karena setelah jam makan siang biasanya kantuk menyerang.

Kang Hendra selaku pupuhu Blogor berbagi tentang literasi digital milik Kang Banyumurti. Perkembangan teknologi dari masa ke masa membuat teknologi berfungsi tidak hanya untuk telepon dan sms tapi juga untuk berselancar sangat jauh di dunia virtual. Generasi Z yang lahir antara tahun 1996 – 2010 harus memiliki kendali yang kuat terhadap arus informasi yang mereka terima, saring sebelum sharing.

Internet telah mengubah segalanya, interaksi, komunikasi, sosialisasi, semakin mudah. Informasi menjadi gampang viral, menyebar cepat melalui berbagai aplikasi di smartphone. Tak sedikit orang yang menerima ‘mentah-mentah’ informasi yang dibagikan orang lain, tanpa tau hal tersebut hoax atau bukan. Padahal informasi hoax ada ciri-cirinya loh,

  1. Diawali dengan kata-kata yang heboh!
  2. Mencatut nama/lembaga terkenal
  3. Terdengar mustahil terjadi
  4. Tidak muncul di media massa
  5. Banyak ditulis dengan huruf kapital/tanda seru
Source: slideshare Banyumurti

FYI, Indonesia punya Undang-Undang ITE loh, Undang – undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur segala macam tindak tanduk kita saat berselancar di dunia virtual.

Source: slideshare Banyumurti

Kang Hendra pun mengajak teman-teman SMP Negeri 3 Bogor berdiskusi tentang hal-hal yang sering mereka lakukan saat menggunakan smartphone. Sebagian dari mereka ada yang bertanya bagaimana menyikapi berita-berita hoax yang beredar dengan cepat.

Acara ditutup dengan foto bersama dan teman-teman SMP Negeri 3 Bogor mendapatkan beberapa hadiah kecil dari Blogor. Sampai jumpa di sharing selanjutnya!

 

 

 

Blogger Bogor hadir di Unhan Mengajar
Tagged on:                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *