Bogor, 30 September 2017 — Masyarakat kini jadi kian lekat secara digital. Hampir seluruh aspek pada pola Kehidupan berada di dalam jaringan (daring/online). Baik itu saat mau berangkat, di tengah perjalanan hingga sampai di tujuan yang telah ditentukan, sampai pada akhirnya semua kembali lagi pulang ke rumah. Semua rutinitas dilakukan dalam satu sapuan, sentuhan, dan klik, lalu Voila! Semuanya berjalan lancar. Sebagai suatu Wahana Eksistensi yang baru, Dunia Digital telah mendongkrak Aktualisasi Diri ke ranah kebutuhan yang baru. Guna memenuhi yang menjadi kebutuhan aktualisasi di luar eksistensi, siapapun yg memiliki dorongan kuat nan penuh gairah yang bergumul di dalamnya, memerlukan suatu Self-Branding, Jurus Ampuh untuk berkepribadian dengan karakter yang kuat dalam jaringan (daring/online), suatu Persona Digital.


Agent of Change

Sekali setahun, Komunitas @BloggerBogor merayakan hari jadinya. Dimulai sejak 2016 dengan kampanye #8LOGOR sebagai selebrasi HUT Ke-8, #BLOGOR bermitrakan beberapa Coffee House & Coffe Shop di Kota Bogor sebagai Venue Partners. Pada Sabtu, 30 September 2017, Blogor kembali meraya. Dengan mengusung kampanye #BLO9OR, berkolaborasi bersama @KitaFoodie Culinary Networks & @10Thrones Creative Syndications, tahun ini Blogor bermitra dengan @CoffeeToffeeIDN POSTshop yang berlokasi di Kantor Pos Cibadak, beralamat di KM.2, Jl. KH Sholeh Iskandar, Cibadak, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16166. Beberapa kampanye perubahan sosial yang telah dilakukan @CoffeeToffeeIDN diantaranya seperti; #CTaCT bernuansa lingkungan, & #YIDIC / #YesIDrinkIndonesianCoffee bertema nasionalisme, jadikan PT. Coffee Toffee Indonesia, Agent of Change yang tepat sebagai salah satu Venue Partner #BLO9OR pada tahun 2017 ini.

Coffee Toffee Post Shop, Kantor Pos Cibadak – Bogor

Digital Life

Dalam kesempatan ini, #BLO9OR mengangkat isu-isu terkini bertemakan Digital Life via Talkshow bertajuk “Digital Persona & Branding Strategy” dengan beberapa pembicara antara lainnya; Finka Ermawan dari @GoodNoteID, Ibrahim Anwar dari @Hibrkraft, & Hendra Gunawan yang baru dilantik sbg Ketua @BloggerBogor beberapa waktu yang lalu. Nabiel Akhmad selaku ECO (Event & Community Officer) PT. Coffee Toffee Indonesia juga turut berikan sambutan hangat kepada segenap hadirin pada acara tersebut. Nabiel berharap sejalan dengan semakin maraknya aktivitas Community Events di @CoffeeToffeeIDN, terutama POSTshop Cibadak, Bogor, dapat jadi aspirasi CSR (Community Social Responsibility) serta inspirasi bagi masyarakat Indonesia secara khusus, & warga Bogor umumnya, untuk berkolaborasi bersama komunitas lokal yang ada, demi tercapainya hari esok yang lebih baik lagi bagi masa depan generasi penerus.

Nabiel Akhmad, Events & Community Officer PT.Coffee Toffee Indonesia, menyampaikan Kata Sambutan & Ucapan Terimakasih kepada Keluarga Komunitas Blogger Bogor (sumber: #IGBlogor)

Digital Identity

Materi pertama tentang Digital Identity, disampaikan oleh sdr.Ibrahim Anwar, selaku MCO (Marketing Coordinator Officer) @Hibrkraft, usaha StartUp kerajinan kulit, yang kerap menerapkan Kolaborasi dengan beberapa Rekanannya, seperti @GoodNoteID salah satunya, terutama dalam melakukan strategi bisnisnya. Branding, sebagaimana disampaikan oleh Anwar pada acara #BLO9OR di @CoffeeToffeeIDN PostShop Cibadak, Bogor, adalah suatu hal yang sepatutnya diterapkan secara apa adanya, tanpa perlu melebihkan / mengurangi dari nilai yang sudah terkandung dalam suatu hal; Core Value. Menjadi diri sendiri adalah modal utama dalam Personal Branding. Identitas Digital adalah hal yang penting untuk dimiliki di era teknologi informasi, terutama di kala makin pesat penerapannya dalam kehidupan serta keseharian Kita. @Hibrkraft mengedepankan personalisasi pada tiap produknya. Siapa pun, dapat order pesanan khusus untuk ukiran nama/logo tertentu pada hasil kerajinan kulit pilihannya, sesuai selera pribadi nan personal. Suatu cara strategis Personal Branding yang tidak hanya diterapkan secara digital, tetapi juga secara nyata nan organik.

Ibrahim Anwar, Marketing Coordinator Officer @Hibrkraft, menyampaikan materi “Digital Identity” mengenai “Personal Branding” (sumber: instagram.com/HibrAnwar)

Digital Soft-Skill

Sebagai salah satu Kolaborator @Hibrkraft, hadir pula menyampaikan materi tentang Digital Soft-Skill ialah sdr.Finka Ermawan, selaku CCO (Chief Communication Officer) @GoodNoteID, suatu StartUp merchandising, terutama untuk produksi cetak dalam jumlah masal maupun satuan yang khas dan unik pada tiap batch-nya. Beberapa produknya antara lain; Planner, Mini Notes, & Postcards. Bahkan @GoodNoteID juga meluncurkan produk Hampers Bogor. Tidak ketinggalan hasil Kolaborasinya dgn @HibrKraft, bernama Trevi yakni Travel Note Book berlapis kulit sintetis ramah lingkungan, nan mungil pun praktis untuk menjadi #KawanJalan berkelana jelajahi negeri sampai keliling dunia. Pada kesempatan yang sama di Perayaan HUT @BloggerBogor ke-9 di @CoffeeToffeeIDN tersebut, Finka yang turut aktif sebagai penggiat dunia edukasi non-formal dalam format workshop, menyampaikan pentingnya Digital Awareness melalui berbagai jenis Digital Platform. Di sisi lain, Digital Soft-Skill diperlukan pula untuk pengembangan serta optimalisasi Kesadaran Digital tersebut. Sebagai penggiat workshop, Finka juga menyampaikan bahwa Digital Soft-Skill baiknya secara rutin dikembangkan agar Kita dapat terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, seperti halnya update & upgrade software pada gadget Kita.

Finka Ermawan, Chief Communication Officer @GoodNoteID, menyampaikan materi “Digital Soft-Skill” tentang bagaimana pentingnya untuk selalu Update & Upgrade Soft-Skill (sumber: instagram.com/FinkaErmawan)

Digital Business

Turut serta hadir berbagi perihal Digital Business, ialah “Pupuhu” / Ketua @BloggerBogor, Hendra Gunawan. Beliau juga aktif dalam berbagai Komunitas Online lainnya, terutama yang berbasis Lokal di Bogor. Salah satunya adalah komunitas Bogor Local Guide yang menjadi acuan untuk direktori Geo-Tagging setempat. Sosok yang cukup gandrun berteknologi informasi ini berbagi informasi tentang Google My Business, yaitu bagaimana cara mengelola berbagai macam bisnis yang menjadi bidang usaha Kita via Google; dimulai dari bagaimana membuat Gmail bisnis, klaim nama usaha, sampai set direktori & lokasi via Akun Google.

Pupuhu Blogger Bogor, Hendra Gunawan (sambil memegang piring berisi potongan kue ulang tahun) bersama para hadirin di acara #BLO9OR (sumber: facebook.com/BogorBlogger)

Digital Community

Harapan Beliau, terutama dengan adanya #BLO9OR, @BloggerBogor sebagai salah satu Komunitas yang mengedepankan transparansi publik, dapat menjalin kerjasama serta kolaborasi aktif dengan berbagai pihak sebagai mitra, terutama #KawanKomunitas lain dalam berbagai kegiatan positif yang dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Indonesia umumnya, dan warga Bogor khususnya. Kawan-kawan dari komunitas lain yang turut hadir dalam acara ini adalah komunitas olah raga @BogorRunners & komunitas lingkungan @Tjiliwoeng. Beliau juga berharap dengan terselenggaranya acara ini dapat membuka lebih banyak lagi mata, telinga, juga hati untuk Bogor.

Dipandu oleh Insan Luthfi Habibi (anggota aktif Blogor), dengan Pembicara dari @Hibrkraft, @GoodNoteID, dan @BloggerBogor (sumber: facebook.com/BogorBlogger)

Door-Prizes #BLO9OR

Seperti yang dituliskan oleh Kang Harris Maulana dalam salah satu postingan blognya di HarrisMaul.com tentang #BLO9OR:

“Walau tanpa urunan, secara spontan teman-teman Blogor banyak yang ikut menyumbang doorprize hingga mencari sponsor untuk kesuksesan acara. Senang sekali ketika melihat akang dan teteh yang hadir, baik yang angkatan lama, maupun yang baru bergabung. Semua kembali bersatu tanpa melihat latar belakang yang berbeda-beda baik dari segi usia, pekerjaan dan status. Kami semua sama. Kami semua Blogor.”

Kita semua, Blogor, adalah keluarga, dan dengan penuh suka cita beberapa dari Kita menyumbangkan hadiah berupa Door-Prizes bagi para anggota Kita yang hadir pada saat acara berlangsung. Beberapa di antaranya, seperti yang dirilis via akun resmi #IGBlogor, sebagai berikut:

Giveaway Door-Prizes nan berlimpah dari para anggota aktif Blogger Bogor

Sayembara #BLO9OR

Dalam rangka memeriahkan acara ini, @KitaFoodie Culinary Networks & Ten Thrones Curated Creative Craftsmanship Indie Publishing House of @10Thrones Creative Syndicates, mempersembahkan produk pilihan dari @GoodNoteID & @Hibrkraft kepada beberapa pemenang Lomba Tulis & Rilis via Instagram & Blog yang telah berlangsung sampai 14 Oktober 2017 kemarin. Proses penjurian yang telah dilakukan oleh Dewan Juri sejak 7 Oktober 2017 silam, terdiri dari Hendra Gunawan (Ketua Blogger Bogor), Ibrahim Anwar (MCO Hibrkraft), Finka Ermawan (CCO GoodNote.ID) serta Taufan Sulaeman (Networker @KitaFoodie & Kurator @10Thrones, juga anggota aktif Blogor) mengumumkan para pemenang sebagai berikut:

Pemenang Utama Kategori Blog Sayembara #BLO9OR (sumber: facebook.com/BogorBlogger)

Pemenang Kategori BLOG:

  1. Mew aka @MewDaVinci Pemenang 1 Kategori BLOG: Hampers Bogor dari @GoodNoteID berisi Buku Bogor, Red Mood Book, Trevi juga @Hibrkraft Leather Book

  2. Dudi aka @MotoDeui Pemenang 2 Kategori BLOG: Buku Bogor & Brown Note Book dari @GoodNoteID

  3. Iwan aka @MySetiawan Pemenang 3 Kategori BLOG: @Hibrkraft Leather Book

Pemenang Kategori Instagram:

  1. Veny aka @GioVeny Pemenang 1 Kategori Instagram: @Hibrkraft Leather Book,

  2. Fitri aka @Fitri_Nurjanaaaaah Pemenang Kategori 2 Instagram: Trevi by @Hibrkraft & @GoodNoteID,

  3. Astrid aka @Astrid_Prasetya Pemenang Kategori 3 Instagram: @GoodNoteID Brown Note Book.

Pemenang Harapan:

  1. Sae aka & @543full Pemenang Harapan 1: @Hibrkraft Leather Book,

  2. Nefertite aka @NefertiteFatriyanti Pemenang Harapan 2: Trevi by @Hibrkraft & @GoodNoteID,

  3. Faradilla aka @FaradilaDPutri Pemenang Harapan 3: @GoodNoteID Brown Note Book.

Pemenang Hiburan:

  1. Roswita Puji Lestari aka @RoswitaPujiLestari Pemenang Hiburan 1: @Hibrkraft Leather Book,

  2. Selviana aka @SelviFulloh Pemenang Hiburan 2: @GoodNoteID Yellow Mood Book,

  3. Unggul aka @UnggulCenter Pemenang Hiburan 3: @GoodNoteID Brown Note Book

Selain daripada para pemenang di atas, @10Thrones Curated Creatives Craftsmanship Indie Publishing House mempersembahkan sebuah penghargaan khusus kepada salah satu Blogger Terpilih dengan pertimbangan Subjektif berdasarkan penilaian-penilaian khusus, untuk memenangkan #KontrakNulis6Juta; sebuah Royalty Based Writing Project, di mana para kandidat terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk dipublikasikan tulisannya, bersama Tim Penulis terkait dalam suatu proyek buku yang akan diterbitkan baik secara Digital maupun Cetak oleh @10Thrones Curated Creatives Craftsmanships Indie Publishing House.

Pemenang Penghargaan Khusus #KontrakNulis6Juta Persembahan @10Thrones Curated Creatives Craftsmanship Indie Publishing House (sumber: facebook.com/BogorBlogger)

Pemenang Penghargaan Khusus #KontrakNulis6Juta: Insan Luthfi Habibi


BLOGOR, singkatan dari Blogger Bogor merupakan komunitas penggiat blogging yaitu penulisan jurnal online yang bersifat pribadi. Berdiri sejak 24 Agustus 2008 diresmikan di Kota Bogor, beberapa kegiatan sudah dilaksanakan seperti siaran radio, kegiatan panti asuhan, gerakan memungut sampah, kegiatan cerdas cermat dan kumpul komunitas Kota Bogor, review beragam kuliner dan wisata di Bogor dan saat ini kembali hadir berkontribusi dalam pembangunan sosial kemasyarakatan di Bogor yang mengusung konsep pembangunan berkelanjutan, dengan melibatkan Komunitas sebagai kunci keterlibatan publik yang berperan penting di dalamnya.

Para Pengurus & Pupuhu Baru BLOGOR per April 2017 foto bersama beberapa Anggota Aktif lainnya (sumber: #IGBlogor)

Nama-nama ketua Blogger Bogor :

Official Instagram: @BloggerBogor

Official Website: WWW.BLOGOR.ORG

Official Email: BogorBlogger@Gmail.COM

Contact Person:

+6281383195273 (Hendra/Ketua)


COFFEE TOFFEE INDONESIA, perusahaan di balik Coffee Toffee, brand kopi lokal asli Indonesia, yang didirikan sejak 11 November 2006 di Surabaya oleh Odi Anindito, brand ini secara konsisten mengusung kampanye penggunaan biji kopi berkualitas dalam negeri untuk konsumsi negeri sendiri. Coffee Toffee Post Shop Bogor Cibadak merupakan cabang ke 155 Coffee Toffee seluruh Indonesia, sekaligus gerai kedua di Kota Bogor. Dengan dibukanya gerai ini, Coffee Toffee berharap dapat memperluas budaya minum kopi Indonesia, serta menjadi sebuah lifestyle nongkrong para pelajar & profesional muda. Coffee Toffee POSTshop yang berlokasi di Kantor Pos Cibadak, Jl. K.H.Sholeh Iskandar KM.2 ini dapat menjadi alternatif tempat berkumpul komunitas Bogor nan kreatif & inovatif, terutama sejak Grand Opening pada Jumat, 12 Agustus 2016 silam. Menariknya lagi, di gerai ini pelanggan dimanjakan dengan layanan pos yang terdapat di dalamnya. Bagi mereka yang bingung atur waktu korespondensi di jam kantor, sekarang sudah bisa mengirim surat, paket, bayar tagihan listrik, bahkan isi pulsa di gerai Coffee Toffee POSTshop Cibadak Bogor pada jam operasionalnya.

#BLO9OR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *