Artikel ini laman aslinya dapat dilihat di kampusgw.com

Blog ialah salah satu platform berbagi informasi yang masih tetap eksis di tengah “gempuran” media sosial dan portal berita online yang menjamur. Media yang satu ini masih menjadi andalan untuk berbagi dan mencari informasi yang sifatnya otentik. Setidaknya bisa menjadi rujukan pembanding dari media-media arus utama yang seringkali terkesan jualan banget.

Dulu mungkin ngeblog hanya dipandang sebagai aktifitas untuk menyalurkan hobi menulis. Tapi siapa sangka belakangan justru bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang lumayan. Pasalnya, dari waktu ke waktu makin banyak saja brand yang mempercayakan blogger sebagai endorser. Jadi, mereka diangap seperti media arus utama lainnya. Sama-sama sebagai platform untuk beriklan. Dengan kata lain, brand memberi sejumlah imbalan kepada para blogger yang mau “memasang iklan” di blognya.

            Nah, dari riset dari berbagai sumber, ngeblog ternyata nggak asyik kalau sendirian. Maksudnya, para blogger ada baiknya membentuk “koloni” untuk menggalang kekuatan. Oleh karena itu, di hampir setiap kota sekarang ini ada namanya komunitas blogger. Mereka berkumpul rutin untuk Kopi Darat (Kopdat). Saling berbagi informasi, mengadakan kegiatan sosial, hingga membuat proyek kolaborasi yang menggiurkan secara Rupiah. Mereka percaya bahwa dengan bergabung komunitas dan terus berbagi, beragam benefit akan menghampir lagi dan lagi.

Blogor.org merupakan salah satu komunitas blogger teraktif di Indonesia. Komunitas yang menjadi tempat ngumpul Blogger Bogor ini secara rutin mengadakan berbagai kegiatan keren. Nah, kali ini Kampusgw.com berkesempatan mewawancarai salah satu aktivis blog dari Kota  Hujan tersebut. Siapa sih dia? Dan bagaimana perjalanan dia dari nol hingga menjadi blogger inspiratif seperti sekarang?

 

Siapa nama lengkap Bapak?

Unggul Sagena.

 

Apa kesibukan Bapak sehari-hari?

Freelancer,  jurnalis, ngeblog.

 

Apakah cita-cita Bapak di masa kecil?

Macem-macem sih, tapi paling jauh sebagai detektif, dan penulis buku/komik.

 

Sebenarnya, apa panggilan hidup Bapak?

Berbagi. Selalu senang dengan berkumpul, ngobrol, sharing bersama orang-orang yang gemar berbagi. Berbagi ilmu, saling mencukupi kebutuhan intelektual dan membuat orang lain terbantu.

 

Di usia berapa Bapak menemukan panggilan hidup?

Sejak kuliah, sudah mulai aktif membuat perkumpulan ini itu, khususnya di bidang kampanye sosial ke masyarakat.

 

Sejak kapan Anda aktif ngeblog?

Sejak 2007, namun blog yang sekarang pas 2009 karena beberapa sebelumnya masih coba-coba.

 

Anda memiliki blog The Unggul Center yang begitu fenonemal. Bagaimana liku-liku membesarkannya?

Aduh, ngga fenomenal sih aya aya wae. Blog biasa aja. Membesarkannya gampang. Nulis aja terus. Kemudian cari komunitas berbagi dan mencari info. Dengan banyak kegiatan, maka blog juga banyak isinya. Bermanfaat untuk khalayak. Bukan curhatan saja.

 

Anda dikenal luas sebagai aktivis blog di Bogor. Bisa diceritakan lebih rinci apa saja kegiatannya?

Blogor alias Blogger Bogor sudah ada sejak delapan tahun lalu. Saya bergabung dan senang karena teman-teman juga suka ngeblog. Kegiatannya macem-macem, kita dulu punya kegiatan Kopdar dengan masyarakat luas berbagi ilmu, namanya Kelas Bogor. Sekarang sudah mandiri dan memisahkan diri. Juga punya platform menulis di HelloBogor.Com untuk wisata dan kuliner. Juga Kopdar yang bersifat “family gath” untuk silaturahmi dengan keluarga Blogger Bogor dan makan bareng. Silaturahmi memperpanjang umur. Jadi kita selau rutinkan. Dulu sempat Kopdar Mancing beberapa kali.

 

Apa suka duka selaku profesional Blogger?

Saya sih belum layak ya disebut profesional. Tapi sukanya ketika banyak yang baca dan terbantu dengan isi tulisan. Juga kopdar dengan para bloggers lain yang tersohor dan beberapa sudah menjadi “full time bloggers” yang keren. Kadang mendapat rejeki dari ngeblog berupa hadiah lomba maupun fasilitas tertentu untuk tulisan kita. Dukanya kalau internet gak konek/lemot tapi ada beberapa deadline tulisan yang harus dikerjakan.

 

Apa pengalaman paling mengesankan sejauh ini sebagai seorang Blogger?

Bisa berjalan-jalan ke banyak tempat, mengenal Indonesia dan menuliskannya.

 

Apa saja kesibukan Bapak selain di dunia Blogger? Apakah juga aktif di bidang lain?

Saya aktif sebagai Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang di bidang pemberdayaan masyarakat terutama melek IT baik di desa maupun di kota.  Juga freelance di bidang digital marketing untuk beberapa UKM dan Startup.

 

Dengan melihat usia Bapak sekarang ini, Anda telah mengantongi berbagai prestasi yang membanggakan. Sebenarnya berapa jam rata-rata Anda istirahat (tidur) setiap harinya?

Saya biasanya tidur jam 12-01 malam dan bangun jam 4.30. Kemudian ngeblog dan kalau mengantuk pagi powersleep sebentar.  Kalau ada kegiatan pagi, biasanya saya ganti sore sekitar 1 jam di jam 3-4. Kalau seharian tidak tidur, “jatah” ngeblog tengah malam saya kurang dan tidur jam 11 malam.  Saya memang kurang suka aktivitas yang monoton dan rutin.

 

Apa kegiatan Anda di waktu luang?

Membaca buku, serta quality time bareng keluarga di weekend. Biasanya Blogger Bogor, kopdarnya juga bareng keluarga, karena saya meyakini, dengan aktivitas pekerjaan yang padat dari sebagian besar Blogger Bogor, apalagi yang komuter bekerja di Jakarta, weekend itu hak keluarga. Kita hargai dan kita bahkan fasilitasi.

 

Kalau boleh tahu, apa sebenarnya passion Bapak?

Jadi penulis dan pengajar (dosen), yang keduanya bisa, dan membutuhkan banyak jalan-jalan dan bergaul dengan masyarakat luas di berbagai tempat.

 

Di usia berapa Bapak menemukan passion?

Setelah berkeluarga, justru saya jadi menemukan ada yang hilang kalau tidak berjalan ke suatu tempat baru. Juga menuliskan pengalaman-pengalaman tersebut. Jadi kira-kira ketika berkeluarga. Justru sensasi merindukan “pulang” bertemu anak istri menjadi pemicu kita untuk berbuat baik dan positif di tempat-tempat baru. Dan menuliskannya di blog.

 

Menurut Bapak, seorang Blogger yang baik itu seperti apa?

Yang menulis blog dan merawat blognya. Mengikuti perkembangan berita seputar dunia internet, blogging dan tool-tool nya agar kita semakin profesional (misal blognya tidak loading lambat, mudah navigasinya, spam berkurang, dan menjadi daya tarik ornag mengunjungi maupun kerjasama).

 

Menurut Bapak, bagaimana tren dunia blogging di tanah air?

Bloggers sudah tidak dipandang sebelah mata lagi, jadi ngeblog bisa menjadi tambahan penghasilan. Juga sebagai rujukan informasi bagi masyarakat banyak. Masih banyak ruang-ruang lain yang belum terbuka dan nanti dibuka oleh para blogger. Karena informasi bukan monopoli orang/institusi tertentu, tapi bisa dibuat siapa saja. Tantangannya, bagaimana blogger bisa menulis dengan cerdas.

 

Apa karakter yang harus dimiliki oleh seorang blogger menurut Bapak?

Cerdas dalam menulis, bukan “copas”, paham bagaimana karakter dia dalam menulis. Setiap blogger ada cara menulis, gaya menulis yang beda, dan juga waktu luang yang berbeda untuk “konsen” menulis. Juga kalau menulis produk tertentu, based on experiences dan sudut pandang pengalaman yang personal.

 

Apa arti kesuksesan bagi Bapak sebagai seorang Blogger?

Jika tulisan-tulisan menginspirasi dan bermanfaat.

 

Apa arti kebahagiaan di mata Bapak sebagai seorang Blogger?

Kebahagiaan sebagai blogger adalah ketika kita menulis apa adanya untuk suatu kejadian/kegiatan tanpa takut, dan atau memberikan informasi yang bermanfaat.

 

Apa pesan-pesan Bapak bagi para generasi muda yang ingin menjadi Blogger Professional?

Jangan sendirian. Gabung ke komunitas, datang ke acara, cari jejaring. Perbanyak teman. Pintu pahala dan rejeki ada dari kita bersilaturahmi. Juga perbanyak ilmu dengan berbagi ilmu. Insya Allah akan banyak keuntungan yang didapat. Tulisan pun makin terasah, dan  berbagi tak pernah rugi. Keuntungan dalam arti benefit ya bukan profit. Walau kadang profit mengikuti (bonus ngeblog alias berkah ngeblog kata orang saat ini hehe).

 

Artikel Mengenai Unggul Sagena, alias Unggul Center, Pupuhu Blogger Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *