Toge goreng merupakan makanan khas bogor, jika dikatakan camilan berasa berat , tapi jika dikatakan makanan koq ya layaknya camilan. Komposisi yang terdapat dalam toge goreng umumnya terdiri dari : toge, mie kuning, tahu goreng dna ketupat

Dari namanya, yang belum pernah menkonsumsinya, asumsi adalah toge yang digoreng sama minyak, itu juga yang ada dalam benak aku saat mendengar kata toge goreng.

Saat mencobanya dan melihat cara memasaknya aku langsung ingin protes, ini toge direbus kenapa dibilang digoreng. Lalu aku tanya dengan penjualannya. Jawabnya : kalo direbus kan memakain panci teh, inikan seperti penggorengan rata tempatnya” . Aku tersenyum saja namun dalam hati tetap protes. Halah abang yang jualan pandai ngeles.

Terus aku amati cara sang penjual membuat dan menyajikannya. Toge direbus sebentar hingga layu kemudian diangkat dan langsung ditaruh di daun. Nah daunnya ini yang menjadi pengamatannya aku juga, seperti daun pisang tapi ukurannya kecil, untuk membungkusnya digunakan dua daun dengan diletakkan bersilangan.

Setelah itu giliran mie kuning yang diletakkan di nampan berisi air itu, didiamkan sebentar lalu diangkat dan ditaruh diatas toge tadi. Selanjutnya penjual pengambil satu buah ketupat dipotong kecil dan ditaurh diatas mie kuning. Dan yang terakhir adalah potongan tahu kuning. Penyelesaian disiram dengan bumbunya, kalo dilihat sekilas seperti adonan kuah pecal , tapi bukan, karena ada potongan lacang kedelai yang seperti direbus. Ternyata itu bagian dari tauco.

Saat dihidangkan ada taste yang sangat lain dari jenis makanan lain. Antara manis, asin, gurih, sedikit asam, dengan rasa tauco yang cukup tajam.

Setelah konsumsi yang pertama kali, lalu selanjutnya…menjadi salah satu jajajan kesukaan. Ada beberapa teman yang minta referensi tempat membeli toge goreng yang lezat. Menurut aku karena umumnya saus untuk toge goreng bahannya sama ya rasanya hampir sama, namun ada beberapa tempat yang memang khas sekali rasanya dan bahan2 yang digunakan berkwalitas.

Aku salah satu penikmat tauco jadi sedikit tahu tauco kwalitas baik, sedang dan standar. Menurut hasil survey aku ke beberapa tempat toge goreng ada beberapa yang favorit, yaitu : toge goreng di depan swalayan Ngesti, cabang Baranangsiang. Toge goreng di jl.dewi Sartika di depan BCA Cabang jl. Dewi Sartika (dekat Borobudur-Pasar Anyar), Toge Goreng di dekat IPB Branang Siang, Toge Goreng di samping Toko Kue Bogor Permai dan satu lagi di perumahan Vila Bogor Indah II depan kantor kelurahan. Yang terakhir ini dimasak dengan kayu, jadi aroma kayu terasa sekali saat kita menyantap toge goreng Pak Bewok.

Nah untuk penikmat toge goreng bisa berkunjung ke salah satu tempat menjual toge goreng itu. Salam kuliner Bogor.

 

 

Khas Bogor – Toge Goreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *