rss
10

Internet Sehat di SMPN 1 Bogor

Hari ini Sosialisasi Internet Sehat kembali diadakan di SMPN 1 Bogor oleh Blogor (Komunitas Blogger Bogor), Relawan TIK (relawan-tik.org) dan ICTWatch (internetsehat.org) yang berlangsung dari 08.30 s/d 11.00 WIB. Peserta yang mengikuti adalah siswa-siswa kelas 7 dan 8 dari 16 kelas yang masing-masing kelas diwakili oleh lima siswa. Hal ini terjadi karena adanya beberapa acara yang kebetulan berbarengan dengan Sosialisasi Internet Sehat yang termasuk dalam acara “Professional Day”. Acara mulai dilaksanakan pukul 08.30 WIB dengan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah, Budiman BW, dan dipandu oleh Selly Octarina (@missell01).

 

Untuk sesi pertama sebagai pemanasan, video Linimas(s)a diputar untuk memberi gambaran kepada para siswa tentang manfaat media sosial semacam Twitter dan Facebook. Bagaimana seorang tukang becak asal Yogyakarta yang menjadi orangtua tunggal bagi anaknya setelah istrinya meninggal karena musibah gempa bumi 2006 memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan pelanggan. Adegan lain menceritakan Blontank Poer yang menggunakan Twitter dalam memasarkan teh racikannya ke calon pembeli yang tersebar di dunia maya. Hasilnya luar biasa. Model pemasaran yang mereka lakukan menuai hasil yang tidak kecil. Video yang inspiratif ini memberikan gambaran yang ‘menyehatkan’ kepada siswa-siswa yang antusias mengikuti acara.

 

Mataharitimoer tanya jawab dengan dua blogger remaja

Mataharitimoer (@mataharitimoer) dari Blogor mendapat jatah menyampaikan materi terkait dengan pemanfaatan blog. Pengalamannya dalam ngeblog dia ceritakan dengan menarik. Bagaimana tulisan-tulisan yang dia taruh di dalam blog ditawar oleh pihak penerbit untuk diterbitkan hingga akhirnya berbentuk buku dan anda bisa temukan di toko-toko buku. Jihad Terlarang adalah salah satu novelnya yang asalnya dari tulisan-tulisan dalam blog. Pembicara yang telah membidani banyak buku ini menjadi contoh yang bagus bagi para peserta yang berusia remaja ini.

Acep Syaripudin sedang menyampaikan materi internet sehat

Acep Syaripudin (@ace_pentura) yang merupakan periset dari ICTWatch (internetsehat.org) mendapat giliran kedua. Cara penyampaiannya yang kocak membuat peserta santai dalam mengikuti acara. Materi yang dibawakan tentu saja tentang internet sehat. Serba-serbi perihal internet sehat di tangannya menjadi ringan. Salah satu contohnya adalah saat sebuah tampilan bahasa alay dipampangkan di layar. Peserta ditantang untuk membaca bahasa yang buat sebagian orang memusingkan itu. Dengan iming-iming hadiah sebuah buku Internet Sehat, seorang siswa maju ke depan untuk mencoba membaca tulisan tersebut. Hebatnya, ternyata dengan mudah dia berhasil membaca baris-baris kalimat alay itu.

contoh bahasa alay

Sosialisasi Internet Sehat yang diadakan untuk siswa-siswi SMPN 1 Bogor sebaiknya diadakan juga di sekolah lain. Bukan hanya tingkat SMP, bahkan sejak SD pun bila perlu dikenalkan dengan internet sehat sebagai bekal menghadapi gempuran internet. Karena bila tidak waspada, sisi negatif dari internet yang sudah pasti tidak menyehatkan itu akan merusak. Selain siswa, guru, dosen, dan orangtua juga sebaiknya berkenalan dengan internet sehat.

 

Tim Internet Sehat

SMPN 1 Bogor adalah sekolah kelima dari rangkaian Roadshow Internet Sehat di Bogor. Sebelumnya, internet sehat diperkenalkan di lembaga pendidikan berbeasiswa penuh, Bogor EduCARE. Anda bisa membaca reportasenya di sini.

About the Author

WKF (Wong Kam Fung) menulis di mana saja. Tempat ternyaman baginya untuk menulis ada di http://wongkamfung.com. Silakan berkunjung ke tempat nyamannya untuk tahu dia lebih banyak. ;-)

Comments (10)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. @tjatur says:

    Semoga aktivitas ini membangkitkan dan memberi inspirasi pemanfaatan teknologi. Tetap semangat…

  2. Selly says:

    Terima kasih untuk pencerahannya hari ini di sekolah kami, sangat bermanfaat buat para siswa khususnya. Sukses terus!

  3. Pa maaf tadi saya lupa bertanya sebenarnya virus itu ada berapa? virus paling berbahaya itu apa? dan virus paling langka itu apa pak? Terima Kasih sebelumya

  4. defidi says:

    semoga semakin sukses road show kita, ilmu yang bermanfaat

  5. ontohod says:

    ah senangnya kalo bisa bergabung

  6. FYP-Kun says:

    Kapan-kapan dateng dong ke SMAN 6, kasih materi tentang blog, biar bisa meningkatkan motivasi nge-blog, blog anak sman6 ga ada yang kreativ soalnya

  7. banyak ilmu dan wawasan yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang internet sehat, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

  8. baby galeri says:

    perlu banget si emang yang namanya penyuluhan/ sosialisai semacam itu, karena banyak adik2 kita yang pastinya blum tahu banyak tentang plus minus dari penggunaan internet.

    Belanja baju bayi, pakaian bayi, perlengkapan bayi dan baju anak online retail atau grosir. Ready Stock, Siap Kirim dan Boleh Tukar.

  9. magid says:

    Maju terus…dunia pendidikan Indonesia

  10. And speaking of limitations, people today who stop by these directories usually are not faced with limited selections of on the web corporations which can be currently enormous and famous. Either modest or significant firms are given an equal chance when their links are placed in these online directories. Hence, should you are an entrepreneur who is just beginning out together with your brand new organization, it is a superb idea for you to start with over the internet directories mainly because right here, it does not matter how extended you may have been operating your individual online business as long as you choose a field that in general interests a considerable amount of people today. Apart from, as opposed to spending your funds simply to print out advertisement flyers, it’s possible to just save them and use them for other issues associated to producing your business a lot more successful. A minimum of with an online directory, although you spend a small amount for listing your link, you will be somehow assured that people will honestly see your link mainly because consumers stop by these directories daily. Unlike with manual marketing, you may not be sure that individuals is going to be in a position to seek out their solution to your flyers. Subsequently you happen to be not assured that the cash you spent will truly advantage your enterprise in the lengthy run.

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.

thomas davisthomas davis