rss
1

Blogger untuk SEA Games XXVI

Apa yang bisa dikerjakan para blogger untuk mendukung Indonesia dalam SEA Games XXVI?

Obor SEA Games XXVI 2011 sudah melanglang di seluruh negeri.  Apinya yang diambil dari api abadi di Desa Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah ini merupakan simbol semangat kebangsaan dalam dunia olahraga. Kobarnya menjadi gelegak persatuan anak-anak bangsa.

Saat obor SEA Games dibawa ke Jakarta, sebaris atlet nasional telah siap menyambutnya. Di dalamnya berisi atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga. Ada yang mempertanyakan mengapa barisan penyambut obor ini berisi atlet-atlet tua, bukan mereka yang masih muda dan segar. Panitia penyambutan tentunya memiliki alasan melakukan hal itu. Jika pun para penyambut itu merupakan para atlet muda, bukan otomatis tidak ada yang mempertanyakan. Namanya juga manusia, selalu ada perbedaan meskipun rambut mungkin sama warna.

Memperdebatkan usia para penyambut obor tentulah sikap yang tidak ada manfaatnya. Tua atau muda yang berada dalam barisan tidaklah penting untuk dipermasalahkan. Terlepas dari hal itu, Jakarta sebagai tuan rumah tentunya telah mempersiapkan segala kebutuhan termasuk barisan penyambut itu sendiri, serta para seniman Betawi tidak ketinggalan pula. Di mulai dari itu, obor kemudian diarak berkeliling di ibukota Jakarta.

dukungan blogger untuk SEA Games

foto: Ani Berta

Selama berada di Jakarta, rute perjalanan mulai masuk Jakarta hingga keluar untuk dikirim ke Palembang telah direncanakan. Keberadaannya yang dua hari, 4-5 November 2011 banyak menarik minat warga Jakarta. Di sepanjang kiri kanan jalur yang dilalui obor masyarakat dari segala usia dan kalangan berderet menyaksikan arak-arakan atlet pembawa obor. Inilah sebuah bentuk seremoni untuk menyambut pesta olahraga se-Asia Tenggara yang kali ini Indonesia menjadi tuan rumah. Yang dilakukan masyarakat Jakarta tersebut juga merupakan bentuk dukungan kepada atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga nanti.

Perihal dukung-mendukung, banyak cara yang bisa kita lakukan sejauh kemampuan masing-masing. Karena kita sebangsa dan setanah-air dengan mereka yang berlaga di SEA Games, sudah seharusnya dukungan sepenuhnya kita berikan. Khususnya para blogger, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung mereka sesuai kapasitas. Karena blogger gemar menulis, itulah yang bisa kita lakukan sebagai bentuk dukungan. Anda yang blogger, mari kita mengobarkan semangat para atlet kita melalui tulisan di blog.

Bila anda rajin berkicau di Twitter, manfaatkan linimasa anda dengan menuliskan kata-kata penyemangat dan berikan hashtag #AyoIndonesiaBisa dan #DukungIndonesia dalam kicauan tersebut. Nampaknya sepele namun saya yakin bila banyak di antara kita melakukan hal itu, gemanya akan menggaung membesar dan terdengar oleh saudara-saudara kita di arena SEA Games.

Dukung Indonesia!

About the Author

WKF (Wong Kam Fung) menulis di mana saja. Tempat ternyaman baginya untuk menulis ada di http://wongkamfung.com. Silakan berkunjung ke tempat nyamannya untuk tahu dia lebih banyak. ;-)

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. MT says:

    ayo kita #dukungindonesia

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.

thomas davisthomas davis