rss
4

Reportase Saung Nyerat 13/03/2011: “Beasiswa Penuh Pendidikan bagi Lulusan SMA”

Saung Nyerat merupakan ajang berbagi ilmu, tips, informasi dan cerita seputar dunia menulis yang disiarkan setiap Minggu sore pukul 16.00-17.00 WIB di Radio Sipatahunan, 89.4 FM. Saung Nyerat edisi 13 Maret 2011 kemarin membahas topik tentang “Beasiswa Penuh Pendidikan bagi yang kurang Mampu”. Sebagai narasumber adalah Ibu Nur Hanifah dari lembaga pendidikan Bogor EduCARE yang memberikan Beasiswa Penuh alias GRATIS pendidikan bagi lulusan SMA/sederajat. WKF sebagai host dan Fajar sebagai co-host.

Bogor EduCARE (BEC) yang dikelola oleh Yayasan Peduli Pendidikan Mandiri (YPPM) adalah lembaga pendidikan non-degree yang memberikan Beasiswa Penuh kepada pemuda/pemudi lulusan SMA/sederajat yang masih mempunyai keinginan dan motivasi untuk belajar tetapi tidak mampu dalam hal biaya. Program pendidikan yang ada adalah jurusan Administrasi Bisnis. Menurut yang disampaikan ibu Nur Hanifah, kurikulum yang ada di BEC adalah unik, materi-materi yang disampaikan adalah materi yang nantinya bisa menjadi bekal secara aplikatif di dunia kerja. Ada kelompok materi Bahasa Inggris, Komputer, Administrasi dan Soft Skill/Kepribadian.

BEC berdiri sejak tahun 2001, dan tahun 2011 ini adalah penerimaan untuk Angkatan ke 15. Awal berdirinya BEC di Jl. Panaragan Kidul No.18 Bogor dengan menempati rumah sewa 2 lantai yang disekat-sekat untuk ruang belajar. Pada tahun 2008 BEC sudah menempati gedung 3 lantai milik YPPM di atas tanah seluas 7000 m2 dengan fasilitas yang jauh lebih baik.  Dana yang digunakan untuk biaya operasioanal BEC adalah dari para donatur (zakat, infaq, shodaqoh, wakaf) dan CSR beberapa perusahaan yang dipimpin oleh Ir.H. Achmad Kalla.

Pada awal berdirinya BEC, banyak masyarakat yang tidak percaya dengan program kuliah gratis (tidak bayar sama sekali), banyak yang mengira ada motif tertentu yang tidak baik dibalik kegratisannya.  Seperti yang disampaikan ibu Nur, bahwa BEC ini adalah murni ‘Penanaman Modal Akherat’ (PMA), tujuannya supaya para alumninya bisa percaya diri,  mandiri dan membantu perekonomian keluarganya. Sekitar 95% Alumni BEC terserap di dunia kerja, bahkan ada yang baru menjalani On the Job Trainning (belum lulus/wisuda) sudah direkrut menjadi karyawan. Ada alumni yang bekerja sambil kuliah lagi dan ada yang berwiraswasta dengan bekal materi entrepreneurship yang disampaikan juga di BEC.

Untuk informasi yang lebih banyak tentang BEC bisa dilihat di :

http://bogoreducare.org atau informasi tentang penerimaan siswa baru di : http://pmb.bogoreducrae.org

WKF, Nur Hanifah dan Fajar

BEC hanya salah satu dari sekian banyak lembaga-lembaga yang perhatian terhadap dunia pendidikan di Indonesia.  Semoga pendidikan di negri ini semakin merata ke seluruh lapisan masyarakat dan semakin banyak lembaga-lembaga yang perhatian untuk kemajuan pendidikan .

About the Author

Fajar Suyamto bisa dipanggil masfajar. Berasal dari Sukoharjo Jawa Tengah. Baru belajar ngeblog dan ikut-ikutan di Blogor. Aktifitas yang lain mbantu-mbantu di Bogor EduCARE (http://bogoreducare.org), yayasan sosial Kuliah 1,5 Tahun Beasiswa Penuh (100% Gratis) bagi yang tidak mampu.

Comments (4)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. AsepSaiba says:

    Niat yang baik pasti akan berakhir dengan baik…

  2. Omanta says:

    Alhamdulillah saya sudah merasakan manfaatnya, terima kasih buat semuanya Miss, Mam, Mr, and the others.

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.

thomas davisthomas davis