rss
3

Reportase Saung Nyerat 27/02/2011 : “Cinta Bahasa Indonesia”

saung nyerat agatha

Saung Nyerat Edisi 27 Februari 2011 dipandu oleh Irvan dan Fajar. Narasumber edisi kali ini adalah tamu asal Polandia (Negara di Eropa yang warna benderanya sama dengan Indonesia), namanya Agata Kijewska dipanggil Agata. Seorang mahasiswi yang mendapatkan beasiswa program Darmasiswa untuk mempelajari  Bahasa Indonesia. Ada 52 orang mahasiswa dari berbeda Negara yang mengikuti program basiswa ini. Sudah 7 bulan ia tinggal di Indonesia, di Bogor. Tidak banyak kesulitan ketika ia baru tinggal di Bogor. Masyarakat tempat ia tinggal ramah-ramah sehingga  mudah beradaptasi. Menu makanannyapun tidak banyak masalah, ia menyukai masakan yang digoreng atau gorengan dan ia juga bisa memasaknya sendiri.

Alasan kenapa ia sampai ke Indonesia dan mempelajari Bahasa Indonesia karena ia mencintai Bahasa Indonesia. Di Polandia, hanya Universitas tempat ia kuliah saja yang ada jurusan Bahasa Indonesia. Di sana, hanya duapuluhan mahasiswa yang mempelajari Bahasa Indonesia. Menurutnya yang menarik dalam bahasa Indonesia adalah kosakatanya. Kalau kesulitan ketika mempelajari  Bahasa Indonesia di antaranya adalah adanya banyak awalan dan akhiran yang tidak ditemukan ketika mempelajari Bahasa Inggris. Selama tinggal di Indonesia tidak hanya belajar Bahasa Indonesia saja tetapi juga belajar seni tari Jaipong.

Irvan, Fajar, Agata, Utami

Di Bogor ia sering bepergian ke tempat-tempat alam dengan angkot, “sangat menikmati” katanya. Antara Bogor dan Polandia sama-sama dingin, tetapi lebih dingin di Polandia yang di bulan Februari baru musim dingin, sampai -80C. Alam Indonesia memang menarik bagi orang asing. Apalagi bagi Agata yang suka petualangan, ia suka dengan alam Indonesia yang masih “liar”. Sudah beberapa tempat yang sudah ia singgahi selain Bogor; pernah ke Palembang, Bangka Belitung, Jogjakarta, kepulauan seribu dan berencana akan ke Lombok.

Orang asing saja mencintai Bahasa Indonesia, budaya Indonesia dan alam Indonesia, bagaimana dengan kita?

About the Author

Fajar Suyamto bisa dipanggil masfajar. Berasal dari Sukoharjo Jawa Tengah. Baru belajar ngeblog dan ikut-ikutan di Blogor. Aktifitas yang lain mbantu-mbantu di Bogor EduCARE (http://bogoreducare.org), yayasan sosial Kuliah 1,5 Tahun Beasiswa Penuh (100% Gratis) bagi yang tidak mampu.

Comments (3)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. wongkamfung says:

    ternyata bule juga suka gorengan ;-)

  2. MT says:

    keren banget!

  3. wah, bulenya gede sendiri… :)

Leave a Reply




If you want a picture to show with your comment, go get a Gravatar.

thomas davisthomas davis